Pj Gubernur Aceh nyatakan kesiapan Aceh gelar event panjat tebing

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh (ANTARA) – Penjabat Gubernur Aceh Safrizal ZA mengatakan Aceh siap menjadi tuan rumah festival pendakian gunung nasional dan internasional.

Safrizal berharap pasca Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, akan lebih banyak lagi event pendakian gunung yang digelar di Aceh.

“Bu FPTI telah menetapkan program olahraga gunung panjang di Aceh secara nasional dan internasional. Kami siap menjadi tuan rumah terbaik bagi atlet Indonesia,” kata Safrizal dalam keterangan resmi, Jumat.

Safrizal mengatakan, karena Aceh sudah memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional, maka tidak bisa dihalangi untuk menyelenggarakan event internasional.

“Saat ini olahraga pendakian gunung sudah memantapkan dirinya di tingkat nasional bahkan internasional. Ace sudah memiliki fasilitas tingkat internasional,” kata Safrizal.

Usai meraih medali emas Olimpiade Paris 2024, olahraga pendakian gunung mendapat perhatian dan apresiasi yang luar biasa dari masyarakat, kata Ketua Presiden FPTI Yenny Wahid.

Atlet Indonesia Vedric Leonardo memberi Indonesia medali emas pendakian pertamanya setelah menjadi yang tercepat di nomor sprint putra di ajang internasional multievent yang digelar empat tahun sekali itu.

Yenni mengatakan, Veddriq merupakan atlet yang berkembang dari ajang PON hingga menjadi juara Olimpiade. Oleh karena itu Yenny berharap ajang PON ini menjadi modal kompetitif yang berharga bagi para pendaki gunung ke depannya.

“Kejuaraan seperti PON ini harus diadakan terus menerus agar para atlet dapat terus mengasah kemampuannya,” kata Yeni.

Yenny mengatakan, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan diselenggarakan kejuaraan pendakian gunung tingkat Asia di Aceh.

“(Tapi) Kejuaraan Asia juga bisa kita hadirkan di sini. Kita bersyukur kalau Kejuaraan Dunia bisa digelar di Aceh,” kata Yeni.

Yenny berharap, seperti Vedriq, bisa muncul juara Olimpiade selanjutnya dari PON XXI Aceh-Sumut. “Dari Aceh kita akan mengirimkan juara-juara yang akan meraih medali di Olimpiade suatu saat nanti, Insya Allah,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours