Anies berpesan diaspora di Jepang tetap terlibat aktif kawal demokrasi

Estimated read time 2 min read

Tokyo (ANTARA) – Anies Baswedan berpesan kepada diaspora Indonesia di Jepang untuk terus bekerja sama menyelesaikan permasalahan, khususnya pertahanan demokrasi di Tanah Air.

“Bekerja dan berpartisipasi. Gunakan alat untuk berbagi ide dan praktik terbaik untuk Indonesia,” ujarnya dalam kuliah umum bertajuk “Demokrasi di tangan mereka: Bagaimana generasi muda merebut kepemimpinan di Era Digital” di Sophia University, Tokyo, pada Jumat ( 20/09) malam

Menurutnya, meski secara fisik jauh dari negaranya, ia tetap mempertahankan jati diri Indonesianya.

“Pesawat bisa membawa pergi tubuhmu, tapi tidak dengan hati dan pikiranmu karena keduanya akan ada selamanya.

Di era digital ini, Anies menambahkan, pengungsi perlu menggunakan alat yang membantu mereka terhubung dengan mudah.

“Tidak masalah jika Anda tinggal di Karawang atau Kanagawa karena Anda masih bisa berpartisipasi. Jadi rekomendasi saya tetap berpartisipasi,” ujarnya.

Hal ini mendorong seluruh warga asing, khususnya pelajar, untuk menjadi solusi di Indonesia.

Sebab, partisipasi generasi muda sangat penting dalam demokrasi, terutama untuk melahirkan ide-ide baru di era digital.

Ada lima alasan utama mengapa generasi muda harus berpartisipasi dalam demokrasi, seperti keterwakilan dan integrasi, inovasi dan ide-ide baru, keamanan jangka panjang dan keamanan demokrasi, literasi digital dan inovasi teknologi, globalisasi dan konektivitas.

Mantan presiden pada pemilu 2024 ini juga berpesan kepada WNA Indonesia untuk memberikan yang terbaik kepada rekan, pemimpin, dan gurunya untuk menjadi yang terbaik.

“Kalau di luar negeri, mahasiswa selalu punya nama Indonesia.” Saya selalu bilang kalian mewakili Indonesia meski tidak mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia, jadi lakukan yang terbaik, kagumi mereka, kejutkan mereka. ‘ls,’ kata orang Indonesia awal Mengajar itu.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours