12 Kota Terdingin di Dunia, Suhu Terendahnya Tembus hingga -71 Derajat Celsius

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Kota terdingin di dunia ini memiliki suhu panas yang lebih sedikit. Tak tanggung-tanggung, suhu di kota ini bisa mencapai -64 derajat Celcius, meski bisa berubah dari tahun ke tahun.

Kota ini dikenal sebagai kota terdingin karena iklim dan suhunya yang ekstrim, terutama pada musim dingin. Faktor-faktor seperti lokasi, ketinggian dan kedekatan dengan Kutub Utara atau Selatan berperan penting dalam menentukan suhu rata-rata.

Bagi warga sekitar, beradaptasi dengan cuaca ekstrem merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Saat ini mengunjungi kota-kota terdingin di dunia bisa menjadi pengalaman unik dan menantang bagi wisatawan.

12 kota terdingin di dunia seperti dilansir Stars Insider, Sabtu (22/6/2024).

12 kota paling keren di dunia

1. Yakutsk, Rusia

Yakutsk dikenal sebagai kota terdingin di dunia. Terletak di Siberia, suhu di kota ini bisa mencapai tingkat ekstrim. Pada bulan Januari, suhu rata-rata bisa turun hingga -42,9 derajat Celcius. Faktanya, suhu terendah yang pernah tercatat di sini adalah -71,2 derajat Celcius pada tahun 1924.

2. Norilsk, Rusia

Norilsk, juga di Siberia, terkenal dengan musim dinginnya yang panjang dan dingin. Suhu rata-rata di bulan Januari berkisar antara -30 derajat Celcius hingga -35 derajat Celcius. Kota ini juga mengalami malam di mana matahari tidak terbit selama 45 hari di musim dingin.

3. Yellowknife, Kanada

Sebagai ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada, Yellowknife memiliki suhu dingin yang bisa mencapai -30 derajat Celcius hingga -35 derajat Celcius. Kota ini juga terkenal dengan udaranya yang dingin sehingga membuat suhu semakin buruk.

4. Barrow (Utqiaġvik), Alaska, Amerika

Barrow adalah kota paling utara di Amerika Serikat. Suhu rata-rata di bulan Januari berkisar -25 derajat Celcius. Barrow juga mengalami malam kutub, saat matahari tidak muncul selama 65 hari.

5. Oymyakon, Rusia

Meski lebih bersifat pedesaan dibandingkan kota besar, Oymyakon dikenal sebagai salah satu tempat terdingin di dunia. Suhu rata-rata di bulan Januari bisa mencapai -50 derajat Celcius dan suhu terendah yang pernah tercatat adalah -67,7 derajat Celcius.

6. Harbin, Tiongkok

Terletak di bagian timur laut Tiongkok, Harbin terkenal dengan Festival Es dan Salju Internasional. Suhu musim dingin di Harbin bisa mencapai -20 derajat Celcius hingga -25 derajat Celcius. Kota ini juga tertutup es dan salju dalam jumlah besar di musim dingin.

7. Astana (Nur-Sultan), Kazakstan

Sebagai ibu kota Kazakhstan, Astana mempunyai musim yang sangat dingin dengan suhu rata-rata pada bulan Januari berkisar -20 derajat Celcius hingga -25 derajat Celcius. Angin kencang yang terjadi di kota ini membuat cuaca menjadi dingin.

8. Ulan Bator, Mongolia

Ibu kota Mongolia, Ulan Bator, terkenal dengan cuaca ekstremnya. Suhu di musim dingin bisa turun hingga -25 derajat Celcius hingga -30 derajat Celcius. Ulan Bator merupakan ibu kota terdingin di dunia dengan suhu terendah yang pernah tercatat -49 derajat Celcius.

9. Fairbanks, Alaska, AS

Fairbanks adalah salah satu kota terbesar di Alaska. Suhu musim dingin di Fairbanks bisa mencapai -25 derajat Celcius hingga -30 derajat Celcius. Kota ini juga mendapat waktu siang hari yang singkat di musim dingin.

10. Vorkuta, Rusia

Vorkuta, yang terletak di Lingkaran Arktik di Rusia, adalah salah satu kota terdingin di dunia. Suhu di musim dingin bisa mencapai -30 hingga -40 derajat Celcius. Kota ini juga mengalami hari kiamat yang berlangsung selama beberapa minggu.

11. Verkhnoyansk, Rusia

Juga di Pegunungan Verkhoyansk, Verkhnoyansk juga merupakan pesaing kuat untuk gelar kota terdingin di dunia. Suhu terdingin adalah -45,4 derajat Celcius dan suhu terendah yang pernah tercatat adalah -69,8 derajat Celcius pada tahun 1892.

12. Fort Smith, Kanada

Terletak di Wilayah Barat Laut, Kanada, Fort Smith terkenal dengan musim dingin yang panjang dan musim dingin yang keras. Suhu rata-rata terdingin adalah -25,1 derajat Celcius dan suhu terendah yang pernah tercatat adalah -41,8 derajat Celcius pada tahun 1969.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours