20 Rumus Excel yang Banyak Dicari Pekerja, Mudah Dipelajari Gaes

Estimated read time 6 min read

JAKARTA – Microsoft Excel menjadi salah satu alat komunikasi yang patut diketahui penggunanya. Efisiensi adalah apa yang harus dipelajari karyawan.

Excel tidak hanya sebagai alat penyimpan data, tetapi juga memiliki fitur-fitur canggih lainnya, salah satunya adalah penggunaan metode pengelolaan dan analisis data yang efektif.

Baca Juga: 15 Alur Kerja Excel Untuk Pemula Yang Penting Untuk Dipelajari

Salah satu alasan utama mengapa pengguna akrab dengan format Excel adalah efisiensi. Rumus seperti SUM, AVERAGE, dan VLOOKUP memungkinkan pengguna menghitung dan menganalisis data dengan cepat tanpa perlu perhitungan manual yang memakan waktu.

Misalnya rumus SUM bisa menambahkan data ke ribuan sel dalam satu langkah. Hasilnya, tugas-tugas yang biasanya memakan waktu lama dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

Baca Juga: Cara Mencari Nilai Maksimum dan Minimum di Excel

Dalam dunia bisnis, mengetahui rumus-rumus Excel seringkali menjadi keuntungan tambahan yang sangat dihargai oleh perusahaan. Banyak pekerjaan memerlukan keterampilan Excel, terutama di bidang manajemen, keuangan, dan manajemen proyek.

Karyawan yang mahir dalam Excel sering kali dianggap kompeten dan produktif, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan promosi atau pekerjaan yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Chart di Microsoft Excel

Pelajari 20 cara excel berikut ini untuk mempermudah pekerjaan Anda dan mempelajari fungsinya agar Anda dapat menggunakan Microsoft Excel secara efektif.

20 Rumus Excel yang sering dibutuhkan pengguna 1. SUM

SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menambahkan angka pada sel tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan angka di sel A2 ke sel A10, prosedur yang Anda gunakan adalah:

=SUM(A2:A6) 2. Fungsi yang sesuai untuk mengubah huruf pertama teks menjadi huruf besar, misalnya menulis “Warga Negara Indonesia” el A2, lalu menggunakan rumus Excel:

= TRUE (A2) untuk menampilkan teks “Warga Indonesia”.

3. HADIAH

Metode TRIM Excel berguna untuk menghilangkan spasi besar dari ekspresi dalam sel. Cara ini hanya bisa diterapkan pada satu sel saja. Contoh prosesnya:

= PANGKAS(A3)

4. PENOLAKAN

Mirip dengan VLOOKUP, metode Hlookup Excel digunakan untuk mencari data, bedanya metode ini untuk data statis. Prosedur yang digunakan:

=HLOOKUP(nilai_pencarian, array_tabel, col_index_num, [nilai_pencarian])

5. VLOOKUP

Proses ini sangat kompleks dan rumit. Namun jika Anda memahami tujuan dan penerapan cara ini maka akan mudah dan singkat. Fungsi VLOOKUP Excel digunakan untuk mencari data secara horizontal atau vertikal. Dengan cara ini:

=VLOOKUP(nilai_pencarian, array_tabel, col_index_num, [nilai_pencarian])

Informasi:

Lookup_value: isi sel atau nilai yang diketik.

Table_array: Sel atau tabel yang digunakan untuk referensi pencarian.

Col_Index_num: Kolom yang diindeks untuk mengambil nilainya.

Range_Lookup: dapat dikosongkan, diurutkan berdasarkan array, dan dapat diisi dengan “True” untuk mencari tabel yang sama atau kurang ditentukan. Untuk tabel yang tidak boleh didefinisikan sebagai grup, dapat diisi dengan “False”.

6. Kekuatan

IKE digunakan untuk menghasilkan bilangan pangkat, misalnya ingin 6 pangkat 12, masukkan angka 6 misalnya pada kolom A3 dan angka 12 pada B2, lalu gunakan cara berikut:

= gaya(A3,B2)

7. Rumah

Cara ini digunakan untuk membulatkan bilangan ke desimal terdekat. Misal anda memasukkan data pada B2 sebesar Rp 36.399 dengan menggunakan metode plafon maka yang akan ditentukan nilai maksimalnya adalah mendekati Rp 36.400 dengan rumus :

= Lantai atas (B2; 10)

8. JIKA

Rumus IF merupakan rumus excel yang digunakan untuk memainkan beberapa permainan. Metode ini sulit digunakan. Seringkali metode ini digunakan untuk mengevaluasi benar/salah.

Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan informasi tentang siswa yang lulus dan mengulang dengan IPK tertentu, Anda dapat menggunakan logika berikut:

=IF(A2>75; “Lompat”; “Berhenti”)

9. Rata-rata

Fungsi rata-rata Excel berfungsi untuk menghitung rata-rata suatu angka dalam beberapa sel. Misalnya, jika Anda mencari tingkat pendidikan rata-rata di sel A2 hingga A20, Anda bisa menggunakan rumus ini:

= LAINNYA (A2:A20)

10. Paru-paru

Fungsi COUNT pada excel berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi suatu angka. Misalnya data di sel M1 di sel A1 berisi data numerik dan huruf. Untuk menghitung jumlah sel digital, Anda dapat menggunakan cara berikut:

=JUMLAH(A1:M1)

11. Paru-paru

Sama seperti COUNT, fungsi COUNTA di Excel digunakan tidak hanya untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga untuk sel yang berisi angka apa pun. Jadi Anda bisa menghitung jumlah sel yang tidak hilang.

Misalnya, Anda memiliki data numerik dan kata di sel A1 hingga sel P1. Di antara sel-sel ini terdapat banyak sel kosong. Anda bisa menggunakan rumus Excel untuk menghitung jumlah sel yang berisi data:

=CONTA(A1:P1)

12. Atau

Hampir sama dengan metode AND, metode OR juga berfungsi untuk menentukan apakah data dalam suatu sel benar atau salah. Perbedaannya adalah rangkaian AND harus mencakup semua kriteria dalam rangkaian logika, sedangkan rangkaian OR hanya dapat mencocokkan salah satu kriteria dalam rangkaian logika.

Misalnya, jika Anda memiliki data numerik dan bertanya “Apakah nilai A1 kurang dari 60 atau lebih besar dari 90?” Jika salah satu darinya terpenuhi, hasil yang BENAR akan ditampilkan. Berikut prosesnya:

= ATAU (A1

13. Produk

Rumus excel ini berguna untuk melakukan beberapa perhitungan pada data dan deret. Rumus Excel ini ditulis sebagai berikut:

= produk(number1_num2)

Misalnya, jika Anda ingin mengalikan data pada kolom B3 dan B9, rumusnya adalah =PRODUK(B3,B9).

14. MENGHUBUNGKAN

Format Excel ini digunakan untuk mengkonsolidasikan data. Misalnya Anda ingin menggabungkan data pada kolom C1 dan C2, maka prosedurnya adalah:

= Gabungan(C1;C2)

15. Hitung

Rumus COUNTIF merupakan rumus excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel dengan kriteria yang sama untuk keperluan pengolahan data.

Misalnya Anda sedang melakukan survei dan ingin mengetahui pendapat orang yang membaca berita (online atau koran), dari 100 responden berapa orang yang memilih membaca berita surat kabar. Jika data responden berada pada kolom B2 sampai dengan B101 maka rumusnya adalah:

=COUNTIF(B2;B101;”catatan”)

16. persegi

Rumus berfungsi untuk membuat nilai dasar suatu bilangan. Misalnya, jika Anda ingin mencari akar dari 144, Anda dapat menggunakan cara ini:

= kuadrat(144)

17. LIHAT

Rumus Excel ini digunakan untuk memilih dan menampilkan nilai dalam daftar nilai. Metode ini digunakan untuk memilih nilai dari 1 hingga 254 berdasarkan nomor indeks.

Misalnya nilai 1 sampai 7 adalah nama hari dalam seminggu, dan jika menggunakan angka indeks 1 sampai 7, cara ini akan menyertakan nama hari yang sama. Memesan:

= PILIH (angka_indeks, nilai1, [nilai2], …..)

18. TIDAK

Rumus excel bukan merupakan kebalikan dari rumus AND dan OR. Karena metode ini akan mengembalikan TRUE untuk data yang tidak sesuai kriteria.

Misalnya, Anda mungkin bertanya “Apakah nilai A1 lebih besar dari 100?” Jika angkanya kurang dari 100 maka hasilnya BENAR. Prosedur:

= TIDAK (A1 > 100)

19. MAKS dan MIN

MAX dan MIN adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari angka tertinggi atau terendah dalam rentang sel yang berisi angka.

Misalnya, jika Anda ingin mencari nilai tertinggi dan terendah hasil penjualan Januari 2020 hingga Januari 2021, masukkan data hasil penjualan dalam urutan sel 1 atau (misalnya dari sel A2 ke sel A13). Kemudian Anda bisa menggunakan metode ini:

Maks : = MAKS (A2:A13)

Menit:= MENIT(A2:A13)

20. DAN

Rumus AND Excel digunakan untuk menentukan apakah data dalam suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE) menggunakan rumus logika.

Misalnya, “Apakah nilai A1 lebih besar dari 75 dan kurang dari 100?” maka Anda bisa menggunakan metode ini. Jika data pada sel tersebut sesuai dengan kriteria maka hasilnya BENAR dan sebaliknya. Prosedur:

= (Dan (A1 > 75; A1

Itulah 20 Rumus Excel yang sering digunakan pengguna saat bekerja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca SINDOnews.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours