Garuda Muda bantai Maladewa 4-0 di laga pembuka kualifikasi Piala Asia

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Timnas U-20 Indonesia mengalahkan Maladewa U-20 4-0 pada laga pembuka Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK). Jakarta, Rabu.

Gagal mencetak gol dari beberapa peluang emas di babak pertama, Indonesia tampil klinis di babak kedua dengan empat gol dicetak oleh Aditya Workman (52′), Figo Dennis (54′), Tony Firmancijah (57′) dan Jens Raven. (65′).

Indonesia mendominasi permainan sejak awal. Pada menit ke-7, peluang pertama dimanfaatkan Tony Firmancia yang menusuk dari sisi kanan pertahanan.

Pemain Persebaya Surabaya itu masuk ke kotak penalti dan berhasil menyelesaikan bola. Namun, bola itu dicegat oleh kiper Maladewa Mohamed Yaamin dan ditendang menjadi sepak pojok.

Tendangan penjuru pemain Indonesia mengancam gawang Maladewa untuk kedua kalinya. Alfaresci Buffon memasuki area penalti dan menyambut bola. Namun, masih ada kekurangan kecil.

Saat serangan Garuda Muda gagal, Maladewa memanfaatkan peluang menyerang. Alhasil, Shanaan Rashaad menerima bola melalui skema passing dari sisi kiri pertahanan Indonesia dan tanpa berpikir dua kali melakukan tembakan pertama pada menit ke-31.

Beruntung kiper Indonesia Ikram Algiffari masih sigap menyelamatkan tembakan kapten Maladewa itu.

Dua menit setelah peluang Maladewa, serangan Indonesia kembali berkobar. Risk Afrisal punya peluang namun tembakannya masih melambung.

Semenit berselang, Doni Tri Pamungkas nyaris memecah kebuntuan saat umpan silang yang terdefleksi membentur tiang. Pada menit ke-36, tembakan pemain Persija Jakarta kembali bisa ditepis setelah ditepis kiper Maladewa.

Di lima menit terakhir, tenaga Jens Raven bisa dikatakan telah mencetak gol untuk Indonesia. Namun, dua kali umpan intersepnya gagal dituntaskan oleh Risky Afrisal dan Mufli Hidayat.

Peluang The Ravens di babak tambahan pun gagal. Tendangannya di depan gawang masih melenceng ke sisi kanan gawang. Babak pertama berakhir 0-0.

Pesepakbola Timnas U-20 Indonesia Figu Dennis Saprutananto (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama Doni Tri Pamungkas dan rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Maladewa pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya Gelora Bung. Karno, Jakarta, Rabu (25/9/2024). ANTARA GAMBAR/Hafidz Mubarak A/nz

Memasuki babak kedua, Indra melakukan pergantian cepat dengan mengganti tiga pemainnya, Mufli Hidayat, Arlyanyah Abdulmanan, dan Risky Afrisal, serta memasukkan Mohamad Raghil, Meshaal Hamzah, dan Figu Dennis.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba melalui tendangan kaki kanan luar biasa Aditya Warman yang kali ini gagal diselamatkan Yaamin.

Indonesia yang sempat menemui jalan buntu tak perlu menunggu lama untuk memperbesar keunggulan karena lima menit kemudian mereka menambah dua gol melalui Figu Dennis pada menit ke-54 dan Toni pada menit ke-57.

Pada menit ke-65, Raven Garuda membawa Munda unggul. Tendangan penjuru mengarah ke Raven tepat di depan gawang, dan penyerang berusia 18 tahun itu dengan mudah memasukkan bola ke gawang untuk mengubah skor menjadi 4-0.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga akhir babak kedua. Garuda Muda mengawali kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan kemenangan 4-0 atas Maladewa.

Kemenangan tersebut membuat Indonesia tetap memuncaki klasemen Grup F dengan tiga poin setelah Yaman mengalahkan Timor Timur 3-1 lewat selisih gol.

Indonesia akan menghadapi Timor Timur pada laga kedua pada Jumat (27/9) pukul 19:30 WIB, sedangkan Maladewa menghadapi Yaman pada pukul 15:00 WIB di hari yang sama.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-20: Ikram AlGhiffari, Kadek Arel, Alfhareczi Buffon, Iqbal Gwijanghe, Mufli Hidayat, Doni Tri Pamungkas, Aditya Workman, Tony Firmansyah, Arlyansya Abdulmanan, Risky Afrisal, Jens Raven

Pelatih: Indra Syafri

Maladewa U-20: Mohamed Yameen, Ahmed Nawaf Fauzi, Mohamed Ayman Ali, Ahzam Rasheed, Shanaan Rashaad, Ish Aafu Firagh, Abdullah Lut Ibrahim, Rasnan Mohamed, Mohamed Ayham Anwar, Muzdhan Hasan, Mohamed Shamhaan

Pelatih: Ahmed Shakir

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours