Dubes Chakravorty soroti peluang penguatan integrasi ekonomi RI-India

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty mengatakan penguatan kerja sama antara India dan Indonesia harus dilakukan di berbagai bidang. memperkuat integrasi ekonomi kedua negara

“Kerja sama ekonomi antara India dan india perlu ditingkatkan. Karena saat ini masih banyak potensi yang belum tergali,” kata Chakravorty di sela-sela Turnamen Golf India-india ke-2 di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu.

Oleh karena itu, beliau menekankan perlunya memperkuat kerja sama dalam pengembangan sistem pembayaran digital dan penggunaan mata uang lokal dalam perdagangan bilateral. (pembayaran mata uang lokal) untuk meningkatkan transaksi ekonomi antara Indonesia dan India

Selain aspek finansial Dubes juga menyebutkan sektor lainnya. Hal ini berpotensi memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara. Termasuk sektor manufaktur.

Chakravorty mengatakan sejumlah perusahaan India tertarik berinvestasi di sektor manufaktur Indonesia. dan mendukung upaya hilir yang telah diperkuat oleh Indonesia.

Menurut dia, sektor kerja sama berikutnya yang bisa dilakukan adalah sektor kesehatan, farmasi, dan pengembangan rumah sakit. Ia mengatakan kerja sama ini penting karena masih banyak masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

“India memiliki teknologi kesehatan canggih berkelas dunia. Dan kami ingin menerapkannya di Indonesia,” kata Dubes India.

India juga tertarik untuk berbagi praktik baik dengan india dalam mengembangkan industri digital. teknologi Informasi dan kecerdasan buatan, kata Chakravorty.

Ia juga mengatakan perlunya penguatan kerja sama antara masyarakat Indonesia dan India. Ia berharap semakin banyak wisatawan india yang berkunjung ke India. dan pelajar india akan belajar di India.

“Hubungan kita saat ini adalah sebuah kanvas besar di mana kita dapat mewujudkan apa yang dapat dilakukan oleh India dan Indonesia,” kata Duta Besar India.

Untuk merayakan 75 tahun hubungan India-Indonesia. Kedutaan Besar India di Jakarta menyelenggarakan Turnamen Golf Piala India-Indonesia ke-2.

Agenda tersebut dihadiri oleh 144 orang yang mewakili komunitas diplomatik. pejabat pemerintah Pengusaha dari berbagai sektor dan tokoh nasional dari India dan india

Selain mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan India, Kompetisi ini juga menggalang dana untuk Sungai Watch, sebuah LSM yang memantau kelestarian sungai.

Baca selengkapnya: Indonesia mendukung ASEAN-India untuk memperkuat kerja sama di bidang pangan dan maritim

Baca selengkapnya: BI perluas kemitraan QRIS lintas negara ke Korea Selatan dan India

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours