Survei IPS: Jayadin-Deni dan Endang-Kadar Bersaing Ketat di Pilkada Kolaka

Estimated read time 2 min read

KOLAKA – Survei terkini Pemilihan Bupati (Pilbap) Kolaka 2024 dilakukan Lembaga Kajian Politik Indonesia (IPS). Hasilnya, pilihan calon kedua Muhammad Jayadin-Danny Germanto sebesar 30,7%.

Sedangkan Nur Endang Abbas-Samsul Kadar 28,2%, dan Amri Jamaluddin-Husmaluddin (Lulunk) 22,6%.

Pasangan Jayadin-Denny akan didukung PDIP dan Perindo. Endang-Kadar sudah direkomendasikan PKS dan mungkin diusung Golkar. Sementara Amri-Husmaluddin dikabarkan akan menggunakan kapal feri Gerindra-PAN.

Survei dilakukan pada tanggal 30 Juli – 4 Agustus 2024. Survei terhadap seluruh WNI di Kolaka yang mempunyai hak pilih, yakni mereka yang berumur 17 tahun ke atas, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode pemilihan acak. Pada penelitian ini jumlah sampel sebanyak 600 responden, margin of error ±4,0% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampelnya berasal dari seluruh kecamatan yang tersebar secara proporsional.

Direktur Riset IPS Anto Nurjasin mengatakan, dukungan pemilih di Jayadin-Deni dan Endang-Kadar cukup tinggi. Sementara kontestan lainnya, Amri-Llunk, menyusul di bawah.

“Data IPS menunjukkan persaingan yang kuat antara Jayadin-Denny dan Endang-Kadar. Perbedaan keduanya masih berupa margin of error. Saat ini Amri-Lulunk berada di atau di bawahnya,” kata Anto.

“Ini akan menjadi kontes yang menarik, karena dua pasangan calon mempunyai pemilih yang berbeda. “Keberhasilannya akan tergantung pada tingkat pendekatan mereka terhadap masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, IPS juga menemukan alasan untuk mendukung kandidat di 12 distrik.

“Jayadin-Denny sangat kuat di Pomalaa, Vundulako, Tanggetada, Vatabga dan Samaturu. Sedangkan Endang-Kadar tinggi di 5 wilayah yaitu Kolaka, Latambaga, Baula, Toari dan Wolo,” jelas Anto.

Survei tersebut juga mendokumentasikan kesadaran masyarakat terhadap penyelenggaraan Pilkada pada 27 November 2024.

“Warga Kolaka mayoritas atau sekitar 83,2% mengetahui jadwal Pilkada dan akan ikut memilih,” imbuhnya.

Diketahui, Pilkada di Kolaka akan diwarnai pertarungan tiga pemimpin. Jayadin merupakan mantan Wakil Bupati Kolaka, Endang Nur Abbas merupakan mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Amri merupakan mantan Kepala Pemerintahan Kabupaten Kolaka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours