Psikolog pertebal rasa percaya diri petinju Sumut jelang PON

Estimated read time 2 min read

Medan (ANTARA) – Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Nasional Indonesia (Pertina) terus menuntaskan persiapan atletnya menghadapi Pekan Olahraga Nasional XX/2024 Aceh-Sumut (PON), termasuk mendatangkan psikolog.

Pelatih tinju PON Sumut Anharsyah Tua Harahap di Medan, Senin, mengatakan salah satu program yang dijalani para atlet sebelum bertanding adalah sesi konseling dengan psikolog yang disediakan KONI Sumut.

Menurut Anhar, konseling psikologis ini cukup penting untuk semakin menambah semangat para petinju di momen-momen menjelang pertarungan.

“Setelah mendapat nasehat, kepercayaan diri petinju meningkat dan dia menjadi lebih optimis.

Pertandingan tinju tersebut akan digelar di kota Pematangsiantar atau berjarak 100 km dari kota Medan. Namun tempat pertandingan masih dalam pembahasan.

Salah satu permasalahan terbesar dalam persiapan lapangan pertandingan adalah penempatan lapangan pertandingan di lantai 5 Gedung Merdeka yang sedang dalam tahap pembangunan.

“Kalau lokasinya, saya kecewa sekali karena berada di lantai 5 gedung,” ujarnya.

Bagi pertandingan tinju amatir kategori PON yang digelar secara marathon dengan banyak pertarungan di gedung-gedung tinggi, bisa sangat berbahaya. Terutama dalam hal mobilisasi dalam keadaan darurat seperti kerusuhan atau cedera petinju.

Olahraga tarung seperti tinju sangat rawan pertengkaran bahkan kerusuhan yang tidak diinginkan. Demikian pula, petinju mengalami cedera akibat pertarungan yang sangat sulit yang berlangsung lebih dari seminggu.

“Hanya ada dua lift di dalam gedung. Kami sangat khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak kami inginkan, akan terjadi kepadatan. Selain itu, jika ada petinju yang cedera dan memerlukan perawatan segera, akan sulit untuk segera membawanya. dari lantai 5 dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Pemerintah Kota Pematang Siantar sebenarnya menyiapkan Gedung Merdeka di Jalan Merdeka sebagai venue tinju. Situs ini dirancang sebagai pusat olahraga yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan.

Aula pertandingan tinju terletak di lantai 5, yang belum selesai dibangun.

Anharsyah mengatakan, “Sampai saat ini bangunan tersebut belum selesai dibangun sehingga belum dilakukan pengecekan kesesuaiannya.

Pertina sendiri telah menawarkan gedung Kampus HKBP Nommensen sebagai alternatif venue tinju.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours