KPU Jakbar siapkan rencana cadangan untuk antisipasi TPS rawan banjir

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat menyiapkan rencana instalasi menunggu tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang rawan banjir di wilayah setempat.

“Iya, kawasan yang kemarin terendam banjir tidak akan dipilih lagi. Kedua, buatlah ‘rencana’ (rencana) A, B, C. Jadi kalau tiba-tiba banjir, punya daerah cadangan,” kata Ketua KPU Jakarta Barat Endang. Istianti saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, rencana cadangannya adalah dengan menghilangkan TPS banjir Pemilu 2024 dan menyiapkan lokasi TPS cadangan jika TPS pilihan Pilkada 2024 tiba-tiba terendam banjir.

“Dari 7.169 TPS Pilkada Jakarta Barat 2024, hanya 3.452 yang dijadikan TPS Pilkada 2024,” ujarnya.

Pada Pemilu 2024, tercatat ada 74 TPS yang dipastikan terancam banjir. Akibat pilkada tersebut, 74 TPS tidak lagi digunakan sebagai TPS.

“Sekarang bagian sampingnya sudah tidak dipakai lagi (74 TPS bisa terendam banjir),” kata Endang.

Selain itu, kata Endang, dari 74 TPS yang rawan banjir, sebagian besar berada di Kecamatan Cengkareng.

“Kebanyakan di Cengkareng,” kata Endang.

Sebelumnya, KPU Jakarta Barat berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dalam pengelolaan TPS yang terendam banjir, terutama memastikan warga bisa menjangkau TPS.

Menurut Endang, kesiapsiagaan darurat sangat penting karena pada pemilu terakhir tahun 2024, kantor BPBD menjemput pemilih dengan perahu karet dari TPS.

“Sepertinya sangat efektif, pada pemilu 2024 kita akan melakukan penjemputan pemilih di TPS,” kata Endang, Selasa (13/8).

Meski belum bisa dipastikan tanggal pastinya, KPU Jakarta Barat bersama BPBD DKI Jakarta, Polres Jakbar, dan TNI akan menggelar pelatihan pencegahan bencana Pilkada 2024 di Danau Citra 8, Pegadungan, Kalideres.

“Sebentar lagi kita akan ulangi latihan seperti pada pemilu lalu bersama TNI dan Polres dan di Citra 8. Kita akan segera upayakan, karena menurut kita itu sangat penting di saat sulit,” kata Endang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours