Profil Mayjen Mohammad Fadjar, Eks Ajudan Presiden yang Jadi Dankodiklat TNI

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melantik Mayjen TNI Mohammad Fadjar sebagai Panglima Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI. Ia menggantikan Laksamana TNI Maman Firmansyah yang dimutasi ke Staf Khusus KSAL.

Pengangkatan Mohammad Fadjar ke Dankodiklat TNI merupakan bagian dari kebijakan mutasi, rotasi, dan promosi 130 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang diumumkan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Kebijakan relokasi tersebut tertuang dalam Keputusan Panglima TNI No. Kep/1080/IX/2024 tentang Pemberhentian Tentara Nasional Indonesia dan Pelantikan Tugas yang dijadwalkan pada tahun 2024. pada Rabu, 11 September.

Permutasi dan kenaikan pangkat 130 TNI Pati telah resmi teridentifikasi, terdiri dari 68 TNI AD Pati, 39 TNI AL Pati, dan 23 TNI AU Pati, kata Humas TNI Mayjen TNI Hariyanto. Jakarta, dikutip Rabu (18/09/2024).

Dalam peran barunya sebagai Dankodiklat, Mohammad Fadjar akan dipromosikan satu tingkat lebih tinggi menjadi Letnan Jenderal (Ltjen) di TNI dan bintang emas di pundaknya akan bertambah menjadi tiga. Pasalnya, Dankodiklat TNI hingga saat ini masih dijabat oleh Perwira Tinggi (Pati) bintang 3.

Selama di militer, adik dari Irjen Pol Khrisna Murti, Kepala Divisi Simpul Internasional Mabes Polri ini cukup keren. Lulusan Akademi Militer (Akmil) satuan Kopas angkatan 1993 banyak yang menduduki jabatan strategis. Di antaranya Danyon 23 Grup 2 Kopassus, Dansepurhut Pusdikpassus, Kadep Mipatek Akmil. Dan Grup 1 / Para Komando.

Selain itu, pada tahun 2015 juga menjabat sebagai Koorspri Kasad, Danpusdikpassus Kopassus. Kemudian pada tahun 2015-2016 menjadi asisten Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Setelah bertugas di lingkungan keraton, diangkat menjadi Danrindam IV/Diponegoro, kemudian Paban III/Siapsat Sopsad.

Kariernya terus menanjak, kemudian kemungkinan menjadi Danrem 023/Kawal Samudera, Danrem 031/Wira Bima, Danpusdikter Kodiklatad, Kasdivif 2/Kostrad, Ketua LP3M Unhan RI, Ketua Umum Pothan Kemhan, Pangdam III/Siliwangi 20 Dankodiklat TNI.

Mohammad Fadjar tidak hanya sukses dalam karir militernya tetapi juga di bidang akademis dan mengikuti banyak pelatihan militer antara lain Sussarcab Infanteri, Dik PARA, Dik PARA Utama, Dik Terjun Bebas, kemudian Dik Komando. Selain itu, Suslapa Pendidikan, Seskoad Dikreg XLV, Sesko TNI Dikreg 43, Lemhannas PPSA 23 Tahun 2021.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours