Update Pemulihan PDN, Menko Polhukam: 86 Layanan Sudah Pulih

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 masih terus berjalan. Sebanyak 86 layanan dari 16 tenant telah dipulihkan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan upaya pemulihan layanan PDNS 2 dilakukan tim yang terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, BSSN, PT Telkom Tbk, dengan partisipasi aktif seluruh tenant.

“Hingga 12 Juli pukul 17.30 WIB, 86 layanan dari 16 kementerian, departemen, dan pemerintah daerah sudah beroperasi,” kata Hadi, Minggu (14/7/2024).

Sejumlah layanan pemerintah yang berhasil dipulihkan, selain layanan perizinan, juga mencakup layanan informasi dalam bentuk portal.

“Termasuk layanan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” ujarnya.

Untuk saat ini, tim terus berupaya memulihkan layanan pemerintah secepatnya, dengan tetap memperhatikan tindakan pencegahan. Proses pemulihan layanan dibagi menjadi tiga tingkatan tergantung pada metode pengelolaan data.

Data yang terdampak kejadian PDNS 2 berada pada zona merah dan dalam mode karantina. “Selanjutnya kita akan pindah ke zona biru untuk memperketat keamanan dan memeriksa kerentanan sebelum masuk ke produksi atau mentransfer data layanan pemerintah ke pusat data lain di zona hijau yang akan menyediakannya. mereka harus digunakan lagi,” katanya.

Menurut Hadi, setiap tahapan pemugaran dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan perhatian. Langkah ini diambil untuk mengurangi jumlah celah serangan siber yang dapat berdampak pada layanan pemerintah.

“Pemerintah membersihkan data yang tersimpan dari malware atau dugaan virus dengan memperkuat langkah-langkah keamanan infrastruktur,” katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours