Peminat banyak, Pelni Manokwari ajukan rute KM Ciremai menuju Ambon 

Estimated read time 2 min read

Manokwari (ANTARA) – PT Pelni cabang Manokwari, Papua Barat mengusulkan perubahan jalur KM Ciremai tujuan Ambon, Maluku, hingga Kemenhub (Kemenhub).

Manajer Operasi Pelni Manokwari Abdul Rais Akbar di Manokwari, Senin, mengatakan perubahan rute itu perlu dilakukan karena masih belum ada kapal yang datang dari Manokwari ke Ambon.

“Banyak yang berminat dengan jalur menuju Ambon dari Manokwari. Kami sudah usulkan perubahan jalur, sekarang sedang dikaji oleh Kementerian Pusat dan mudah-mudahan ada perubahan jalur menuju Ambon,” ujarnya. .

Ia mengatakan, ada tiga kapal yang bertugas di jalur Manokwari-Ambon yakni KM Tidar, KM Labobar, dan KM Sirimau namun kini tidak bisa beroperasi.

KM Labobar dan KM Sirimau menjalani perbaikan rutin atau docking mulai 16 Juni dan 17 Juni 2024. Perbaikan rutin ini berlangsung minimal sebulan, sehingga diperkirakan bisa beroperasi di Manokwari hingga dua pekan ke depan.

Sementara itu, KM Tidar mengalami perubahan jalur menggantikan jalur yang ditinggalkan KM Umsini akibat kebakaran di pelabuhan Makassar.

Dia mengatakan KM Ciremai dinilai cocok untuk pengiriman barang di Ambon. Jalur reguler KM Ciremai dari ujung timur adalah Jayapura, Biak, Manokwari, Sorong disusul Baubau, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

“Kita harapkan setelah transfer dari Papua, akhirnya di Sorong, KM Ciremai bisa ke Ambon dulu, baru ke Baubau dan seterusnya,” ujarnya.

Saat ini pihaknya masih menunggu keputusan Kemenhub karena ada beberapa alternatif lain yakni KM Dobonsolo yang biasanya berangkat dari Ambon bisa dipindahkan ke Manokwari.

Peralihan jalur penumpang KM Dobonsolo Ambon-Manokwari biasanya dilakukan PT Pelni pada musim sibuk penumpang seperti Idul Fitri dan Natal.

Rute reguler KM Dobonsolo adalah Jayapura-Serui-Sorong-Ambon-Baubau-Makassar-Surabaya-Jakarta. Saat musim ramai penumpang, dari Serui sebelum menuju Sorong, KM Dobonsolo singgah dulu di Manokwari.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours