Menlu RI bahas situasi Timur Tengah bersama wakil khusus Uni Eropa

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Menteri Luar Negeri Indonesia Retna Marsudi bertemu dengan Perwakilan Khusus Uni Eropa untuk Teluk Persia Luigi Di Maio untuk membahas perkembangan di Timur Tengah. khususnya di Palestina dan Lebanon

Pada pertemuan yang digelar di sela-sela sidang ke-79 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. waktu setempat pada Rabu, Retna menyatakan keprihatinannya atas eskalasi konflik di Lebanon. dengan latar belakang agresi Israel terhadap Jalur Gaza

“Indonesia sangat prihatin dengan perkembangan situasi keamanan di Lebanon. “Jangan sampai situasi yang terjadi di Ukraina, Palestina, dan Lebanon saat ini menjadi ‘New Normal’,” kata Retna Di Maio, demikian keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menlu RI juga merangkum beberapa perkembangan langkah yang dilakukan bersama Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mendorong perdamaian dan kemerdekaan bagi rakyat Palestina. Hal ini melibatkan penyelenggaraan pertemuan tingkat menteri atas inisiatif bersama UGA dan UE, yang dijadwalkan pada tanggal 26 September.

Tema pertemuan tingkat menteri tersebut adalah “Situasi di Gaza dan implementasi keputusan pembentukan dua negara sebagai langkah menuju perdamaian yang adil dan komprehensif.”

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Indonesia dan Perwakilan Khusus UE juga membahas kemungkinan kerja sama dengan UE di kawasan Teluk Persia. Termasuk melalui kerja sama dengan Arab Gulf Cooperation Council (GCC).

Retna juga menyampaikan terima kasih atas sikap UE yang mendukung solusi dua negara dalam konflik Israel-Palestina.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours