DKJ Awards 2024 Meriahkan HUT Ke-497 Jakarta, Berikut Daftar Dewan Jurinya

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara penghargaan Gerakan Koperasi Jakarta (DKJ) 2024 yang merupakan bagian dari rangkaian HUT Kota Jakarta ke-497. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap banyak perusahaan yang beroperasi di Jakarta yang melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Program CSR yang masuk dalam DKJ 2024 dinilai oleh dewan juri yang berpengalaman di bidangnya. Inilah daftar juri DJ Awards 2024.

Presiden juri

1. Sri Haryati (Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta dan Hakim Lingkungan Hidup)

Hakim Departemen Lingkungan Hidup

1. Profesor Sudharto P Hadi (Pakar Pengelolaan Lingkungan Hidup Rektor Undip 2010-2015)

2. Sarjoko (Deputi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta)

3. Dik Doank (Artis dan Pecinta Lingkungan)

Hakim Departemen Kesehatan

1. Dr. Siti Nadia Tarmizi (Kepala Komunikasi dan Pelayanan Kementerian Kesehatan)

2. Ani Ruspitawati (Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta)

3. dr Son Abidin (Presiden Obstetri dan Ginekologi + Dokter Tamu OZ Indonesia)

Juri Departemen Peningkatan Masyarakat

1. Premi Lasari (Kepala Pelayanan Publik DKI Jakarta)

2. Marulina Dewi (Kepala Kantor Kerja Sama Daerah Sekda DKI Jakarta)

3. Kuskridho Ambardi (Sosiolog Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada)

4. Melanie Subono (Musisi dan Aktivis).

Sebagai informasi, telah dipilih sekitar 15 pemenang untuk bersaing dan merebut hadiah yang bertemakan “Harmoni di Jakarta, Kota Dunia”.

Penjurian berlangsung mulai Jumat (14/6) pukul 09.00 hingga 16.00 WIB di Hotel Borobudur, Jakarta. Dari hasil penjurian, terpilih lima pemenang dari masing-masing kategori yaitu kesehatan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat.

Pemenang akan diumumkan pada 19 Juni 2024. Penghargaan akan diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada para pemenang yang akan dilaksanakan pada malam Jakarta Memorial Day pada 22 Juni 2024.

Panitia mengevaluasi program CSR berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Proses evaluasi mencakup tiga indikator. Pertama, keberlanjutan mencakup konsistensi dan pengembangan organisasi.

Kedua, inovasi dan kreativitas. Ketiga, dampak dan evaluasi berkaitan dengan area of ​​interest, sejauh mana kemampuan sistem dalam menyelesaikan permasalahan, dan sejauh mana peningkatan kualitas hidup sasaran CSR.

Tiga Cabang Besar Organisasi Kerja Sama Daerah Sekda DKI Jakarta Marulina Dewi mengungkapkan, DKJ 2024 merupakan bagian dari rangkaian Jakarta Festival dan juga merupakan tahun pertama digelarnya ajang rekognisi tersebut.

“Sampai saat ini masih banyak program CSR yang belum diliput, tidak didaftarkan, tidak didemonstrasikan. Oleh karena itu, hal ini menjadi dasar bagi kami untuk mengadakan sesi kepada teman-teman di perusahaan-perusahaan komersial yang telah banyak berkontribusi kepada Pemerintah Daerah Jakarta. melalui program (CSR),” kata Marulina Dewi di Jakarta baru-baru ini.

Kategori DKJ 2024 ada tiga, yakni kategori kesehatan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat yang meliputi pendidikan, UMKM, kesejahteraan sosial, agama, olah raga, dan budaya.

Marulina Dewi misalnya di bidang lingkungan hidup, program yang bisa masuk dalam DKJ 2024 seperti produksi bersih, energi dan konservasi sumber daya alam, atau pengelolaan sampah melalui 3R (reduction, reuse, recycle).

Di bidang kesehatan, contoh program yang bisa mendapat penilaian DKJ 2024 antara lain program Posyandu Sehati, retensi, bahkan program bank sampah.

“Dan yang terakhir bidang pemberdayaan masyarakat, misalnya program urban green seperti penanaman pohon, kemudian pelatihan-pelatihan terkait pengembangan usaha, kemudian pelepasan lahan untuk perencanaan masyarakat. banyak program di luar ekspektasi kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, masa peninjauan ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan untuk menjalankan program CSR di masa depan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours