Jaksel jadi wilayah dengan capaian investasi tertinggi se-DKI

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Kota administratif Jakarta Selatan menjadi wilayah dengan capaian investasi tertinggi di DKI Jakarta menurut data periode Januari hingga Juni 2024.

Hal tersebut disampaikan Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Hariati pada acara ‘Jakarta Investment Festival (JIF) 2024’ di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Jakarta Selatan mendapat jumlah investasi sebesar Rp 52,6 miliar atau US $ 3,5 juta. Disusul Jakarta Pusat (Rp 27,9 miliar atau setara $1,9 juta) di peringkat kedua dan Jakarta Utara (Rp 17,4 miliar atau setara $1,2 juta) di peringkat ketiga.

“Kawasan ini (Jakarta Selatan) menunjukkan kinerja investasi yang sangat baik dan mendorong momentum perekonomian Jakarta ke depan,” kata Sri.

Sedangkan total capaian investasi Jakarta pada periode yang sama sebesar US$8 miliar. Dari jumlah tersebut, sebanyak $3,4 miliar berasal dari penanaman modal asing dan $4,6 miliar berasal dari penanaman modal dalam negeri.

Jumlah itu, kata Sri, melampaui target semester I sebesar US$4,4 miliar.

Ia juga menyampaikan, sektor utama yang memberikan kontribusi terhadap realisasi investasi periode Januari-Juni 2024 adalah pengangkutan, pergudangan, dan telekomunikasi yakni sebesar 31% dari total investasi.

“Sektor ini tidak hanya menarik investasi yang signifikan, tetapi juga menciptakan berbagai lapangan kerja yang meningkatkan lapangan kerja lokal dan mendongkrak perekonomian Jakarta secara keseluruhan,” kata Sri.

Sedangkan realisasi investasi kumulatif Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Provinsi DKI Jakarta pada triwulan II tahun 2024 sebesar Rp62 triliun atau 14,5 persen dari Realisasi Penanaman Modal Nasional (PMN).

Kontribusi Jakarta terhadap perekonomian Indonesia mencapai 16,54 persen pasca disahkannya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Daerah Jakarta (DKJ).

Di sisi lain, Jakarta yang berperan sebagai pusat kegiatan perekonomian nasional mencatat pertumbuhan ekonomi pada triwulan II tahun 2024 dengan pertumbuhan positif sebesar 4,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Angka tersebut juga menunjukkan Jakarta menunjukkan pertumbuhan sebesar 1,38 persen dibandingkan triwulan I tahun 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours