Crazy Rich Asians yang Sebenarnya, Ada yang dari Indonesia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi dan sumber daya di kawasan Asia masih menjadi perhatian global. Asia dikenal sebagai kawasan terkaya di dunia, menurut Laporan Kekayaan Global 2023 Credit Suisse.

Berdasarkan laporan tersebut, total aset kawasan Asia-Pasifik, termasuk Tiongkok dan India, akan mencapai $177,82 triliun atau Rp2.845.120 triliun pada tahun 2022 atau Rp2.845 triliun. Amerika Utara memiliki aset terbanyak di Asia yaitu $151,17 triliun. adalah sekitar $104,41 triliun.

Tak heran jika banyak “sultan” dengan harta penting di kawasan ini. Mengutip Forbes India, berikut 5 orang terkaya di Asia dengan kekayaan “gila” yang menyulut drama komedi romantis hits 2018 “Crazy Rich Asians”.

1.Mukesh Ambani

Ketua dan Direktur Pelaksana Reliance Industries Mukesh Ambani adalah orang terkaya di Asia. Mukesh memiliki kekayaan $113,5 miliar atau sekitar Rp1,816 triliun (kurs US$ Rp16.000).

Keluarga Ambani baru-baru ini menyita perhatian dunia dengan pernikahan putra mereka Anant Ambani. Pernikahan ini diperkirakan menelan biaya Rp 9,7 triliun. Para tamu undangan antara lain diberikan jam tangan mewah senilai Rp 300 juta.

2. Gautama Adani

Kekayaan bersih Gautam Adani adalah $85,7 miliar atau sekitar Rp1.371,2 miliar. Dia mengepalai Grup Adani senilai $81 miliar, yang meliputi pelabuhan, bandara, energi, dan proyek ramah lingkungan.

3. Prajogo Pangestu

Taipan bisnis dan petrokimia asal Indonesia ini memiliki valuasi $61,8 miliar atau sekitar Rp988,8 miliar. Dimulai dari bisnis kayu, kini perusahaannya, PT Barito Pacific, menjadi salah satu pemimpin dalam industri petrokimia, plastik, pertambangan, dan energi panas bumi di Indonesia.

Aset Prajogo disebut meningkat signifikan pada 2023 ketika dua grupnya, Petrindo Jaya Kreasi dan Barito Renewable Energy melakukan IPO.

4.Zhong Shanshan

Pengusaha air minum dalam kemasan asal China ini memiliki kekayaan $59,3 miliar atau sekitar Rp948,8 triliun. Zhong telah menjadi orang terkaya di Tiongkok selama tiga tahun.

5. Colin Zheng Huang

Colin Huang adalah pendiri PDD Holdings, perusahaan e-commerce populer Tiongkok yang berganti nama dari Pinduoduo pada Februari 2023. Huang juga mendirikan game online Xinyoudi dan platform e-commerce lainnya, yang sekarang disebut Ouku.com. Miliarder berusia 44 tahun ini memiliki kekayaan $50,7 miliar dari $811,2 miliar.

Selain nama-nama tersebut, Asia juga menjadi rumah bagi orang-orang kaya lainnya yang memiliki harta tak terhitung jumlahnya. Faktanya, menurut “The Wealth Report 2024” karya Knight Frank Global, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia, bersama dengan Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Vietnam, dan Tiongkok.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours