Mengenal KIZTOPIA, Playground asal Singapura yang Buka di Jakarta

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Stadion edukasi terpopuler di Singapura, KIZTOPIA, akhirnya resmi membuka cabang di Indonesia. Gagasan “belajar bermain, belajar sambil bermain”.

Sebelum dibuka di Indonesia, KIZTOPIA telah memiliki toko di Hong Kong dan Thailand. Hingga saat ini, KIZTOPIA memiliki 8 toko di Singapura, 3 di Hong Kong, 2 di Thailand dan baru-baru ini di Jakarta, menandai pembukaan 14 toko KIZTOPIA.

Dalam jumpa pers, salah satu pendiri KIZTOPIA Tony Ma mengatakan Indonesia, dengan jumlah penduduk yang besar, memiliki pasar yang besar dengan kelas menengah yang tumbuh pesat, terutama karena jarak Jakarta dan Singapura yang relatif dekat. Alasan inilah yang membuat KIZTOPIA memutuskan untuk membuka toko di Jakarta.

Cabang pertama KIZTOPIA Indonesia berlokasi di Agora Mall, Jakarta Pusat, dikelilingi oleh pusat perbelanjaan besar lainnya, Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Alasan KIZTOPIA memilih Agora Mall karena diyakini mall tersebut merupakan lokasi terbaik dengan fasilitas yang lengkap.

Yang membedakan KIZTOPIA dengan situs game lainnya adalah KIZTOPIA memiliki 8 karakter khusus yang masing-masing mewakili nilai dan tujuan berbeda. Terdapat juga 22 taman bermain yang dirancang untuk mendukung tumbuh kembang anak.

KIZTOPIA menemukan hanya 20% anak Indonesia yang aktif secara fisik dan sosial karena sebagian besar fokus pada peralatan. Hal ini juga dibenarkan oleh psikolog bernama Saskhya Auliya Prima yang merujuk kepada reporter bahwa KIZTOPIA menggunakan konsep kecerdasan majemuk yang digunakan di sana.

Konsep “bermain untuk belajar, belajar sambil bermain” juga diterapkan di KIZTOPIA melalui ruang-ruang dramatis yang menurut psikologi dapat mengembangkan empati dan semangat masyarakat. Tony Ma selaku co-founder mengatakan secara pribadi area olah raga merupakan area favoritnya untuk KIZTOPIA.

Bagi para orang tua yang bepergian bersama anaknya tidak perlu khawatir karena KIZTOPIA menawarkan kafe yang dapat digunakan oleh orang tua untuk menunggu, karena mereka juga menggunakan konsep “makan, bermain dan belajar” untuk mempererat tali kekeluargaan.

Mulai dari tumbuh kembang anak hingga ikatan antara orang tua dan anak, KIZTOPIA sangat memperhatikannya. Tak heran jika institusi pendidikan asal Singapura ini bisa terus berekspansi ke luar negeri.

MG / Biandka Michelle Syawaleva

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours