Pasukan AS sepenuhnya ditarik dari Niger

Estimated read time 1 min read

Washington (Antara). Pada hari Senin (16 September), para pejabat Pentagon mengumumkan bahwa penarikan pasukan AS dari Niger telah “selesai”.

“Prosesnya dimulai pada 19 Mei dengan kedua belah pihak menyetujui persyaratan keluar,” kata wakil juru bicara Sabrina Singh kepada wartawan.

“Kerja sama dan komunikasi yang efektif antara angkatan bersenjata Amerika Serikat dan Niger akan menjamin penarikan pasukan yang aman, tertib dan bertanggung jawab sesuai dengan tanggal yang disepakati bersama yaitu 15 September 2024, tanpa kesulitan besar,” ujarnya menambahkan.

Singh juga mengatakan saat ini negara Afrika Barat tersebut hanya memiliki satu kedutaan standar.

Pada awal Maret, Niger mengakhiri perjanjian militer lamanya dengan Amerika Serikat, menyatakan kehadiran semua pasukan dan kontraktor Amerika “ilegal.”

Beberapa bulan kemudian, para pejabat dari kedua negara mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa penarikan hampir 1.000 tentara AS dari negara tersebut akan selesai pada pertengahan September.

Sebelumnya, Pentagon menyatakan penarikan pasukan AS dari Nigeria tidak akan mempengaruhi kelanjutan perkembangan hubungan kedua negara.

Ia menekankan, Amerika Serikat dan Nigeria tetap berkomitmen untuk melanjutkan dialog diplomatik untuk menentukan masa depan hubungan bilateral.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours