Perdalam Kaitan Teori dan Praktik, Prodi Doktor Ilmu Manajemen UNJ Gelar KKL di Makassar

Estimated read time 3 min read

MAKASSAR – Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Negeri (UNJ) Angkatan 2013 menyelenggarakan “Kuliah Kerja Lapangan (KKL)” di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12-15 September 2024.

Kelompok KKL UNJ dipimpin oleh Prof. Hamidah, SE., M.Si., selaku koordinator Program Doktor Ilmu Manajemen UNJ, bersama beberapa dosen yaitu Prof. Dr. Tuty Sariwulan, M.Si., dan Prof. Dr.Dewi Susita, M.Si. Administrator UNJ, Nensi Ratna Sari hadir bersama beberapa mahasiswa terpilih.

Visi ini terdiri dari dua bagian utama yaitu kegiatan akademik dan praktik. Pada aspek akademik, rombongan mengunjungi “Universitas Muslim Indonesia” untuk membahas pengelolaan sumber daya manusia berkelanjutan di universitas tersebut.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memahami lebih dalam hubungan antara teori akademis dan praktik nyata. Dalam kunjungan praktek tersebut, para pembaca dan mahasiswa juga mengunjungi “PT Celebes Railway Indonesia” (CRI) sebagai perusahaan KPBU.

Unit kerja sama pemerintah pertama di bidang prasarana perkeretaapian yang bergerak di bidang pengoperasian dan pemeliharaan prasarana perkeretaapian Makassar-Parepare.

Di sana, mahasiswa belajar bagaimana manajemen sumber daya manusia berperan penting dalam menjaga keberlanjutan dan masyarakat berkelanjutan.

Tidak hanya fokus pada kegiatan akademik, dosen dan mahasiswa juga melakukan praktik tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yakni dengan mengunjungi Panti Asuhan Al Huda di Gowa, Makassar dan SD Negeri 2 Unggulan Maros.

Rangkaian kegiatan ini merupakan wujud nyata kelompok studi lapangan PT CRI dan UNJ tentang kepedulian masyarakat dengan memberikan donasi berupa penyebaran materi edukasi perpindahan kereta api dan risiko-risiko yang harus dikurangi selama berada di wilayah pengoperasian kereta api Makassar – Pare di sekolah-sekolah. dan juga dapat berinteraksi langsung dengan guru anak pada saat mengunjungi yayasan yatim piatu.

Selain itu, para peserta juga mengunjungi jalur kereta api Makassar sebagai salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan transportasi di Sulawesi Selatan.

Kemudian para peserta mengunjungi lokasi ekowisata dan geopark dan mendapatkan informasi tentang pemerataan kualitas pariwisata yang dikelola pemerintah Sulawesi Selatan, seperti kapasitas, akses dan pengelolaan pariwisata yang baik juga dikelola di Desa Ekowisata Ramang-Ramang. pemerintah dan dapat menarik pengunjung dari kedua negara.

“Aksi ini mencerminkan komitmen Universitas Negeri Batavia untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang tidak hanya berkualitas secara akademis, namun juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan siap berkontribusi dalam pembangunan,” ujar Koordinator Program Doktor Ilmu Manajemen UNJ Prof. . Dr Hamidah dalam keterangan resmi, Selasa (17/9/2024).

KKL merupakan pengabdian kepada masyarakat yang mengintegrasikan ilmu akademik dengan kebutuhan praktis masyarakat untuk memajukan kebaikan sosial.

Melalui penerapan teori dan metode keilmuan, pengabdian masyarakat bertujuan untuk memecahkan permasalahan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup dan mempererat hubungan dunia akademis dengan masyarakat luas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours