Rusia Gempur Habis-habisan Kiev saat Ukraina Rayakan Kemerdekaan

Estimated read time 2 min read

MOSKOW – Rusia dan Ukraina saling melancarkan serangan drone, rudal, dan artileri pada Sabtu saat Kiev merayakan Hari Kemerdekaan ketiga sejak aneksasi penuh Moskow.

Seorang wanita tewas dan seorang pria terluka dalam serangan pasukan Rusia di kota Kherson di Ukraina selatan, ibu kota wilayah Kherson yang jarang penduduknya, menurut jaksa wilayah.

Angkatan udara Ukraina mengatakan pihaknya mencegat dan menghancurkan tujuh drone di selatan negara itu. Pesawat pengebom jarak jauh Rusia juga menyerang kawasan Pulau Zmiinyi (Ular) dengan empat rudal, sementara sebagian besar wilayah Kherson juga terkena bom udara.

Di Rusia, menurut AP, Kementerian Pertahanan mengatakan pada hari Sabtu bahwa pertahanan udara menembak jatuh tujuh drone dalam semalam.

Lima pesawat tak berawak jatuh di wilayah Voronezh barat daya Ukraina, melukai dua orang, kata gubernur wilayah tersebut Aleksandr Gusev. Kantor berita Astra merilis video yang menunjukkan ledakan di gudang senjata setelah terkena serangan drone. Video tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Dua orang terluka dalam serangan pesawat tak berawak di wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, kata gubernur wilayah Vyacheslav Gladkov. Pihak berwenang setempat mengatakan tidak ada korban jiwa di wilayah Bryansk tempat drone kelima dicegat.

Di wilayah Kursk, tempat pasukan Ukraina melancarkan serangan terhadap Rusia dua minggu lalu, gubernur wilayah tersebut Alexei Smirnov mengatakan pada hari Sabtu bahwa tiga roket telah ditembakkan pada malam hari dan empat lagi pada Sabtu pagi.

Pertahanan udara Rusia menembak jatuh dua drone lagi pada Sabtu pagi, kata Kementerian Pertahanan Rusia – satu di wilayah Kursk dan satu lagi di Bryansk.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours