Laba industri China meningkat di tengah pemulihan yang stabil

Estimated read time 2 min read

Beijing (ANTARA) – Perekonomian Tiongkok menunjukkan tanda-tanda pemulihan dengan pertumbuhan positif pada tujuh bulan pertama tahun 2024, didorong oleh membaiknya perolehan sentimen dunia usaha dan promosi pengemudi baru.

Laba konsolidasi perusahaan-perusahaan besar naik 3,6 persen​​​​​​​year-to-year (yoy) pada bulan Januari-Juli, naik dari 0,1 persen​​​​ poin dibandingkan dengan pertumbuhan yang tercatat pada paruh pertama tahun ini, Tiongkok Biro Statistik Nasional (NBS) menyatakan dalam keterangannya, Selasa (27/8).

Pada Juli 2024, labanya meningkat 4,1 persen dibandingkan bulan yang sama tahun 2023. Angka tersebut juga lebih tinggi 0,5 persen poin dibandingkan Juni tahun ini dan menandai bulan kedua puasa.

Peneliti NBS Yu Weining mengatakan perekonomian telah berhasil pulih dengan kuat, dengan produksi yang stabil dan pertumbuhan yang baik.

Dari 41 negara besar, 21 negara melaporkan pendapatan yang lebih rendah atau lebih rendah dalam tujuh bulan pertama tahun 2024, menurut data resmi.

Industri teknologi tinggi menjadi kontributor utama tren ini dengan kenaikan keuntungan sebesar 12,8 persen (yoy) atau jauh di atas rata-rata industri sebesar 9,2 persen. Manufaktur berteknologi tinggi menyumbang hampir 60 persen dari total pertumbuhan pendapatan industri.

Secara khusus, pertumbuhan di sektor industri kelas atas, cerdas, dan ramah lingkungan mendorong keuntungan yang cepat, menurut Yu.

Misalnya, keuntungan produksi baterai lithium-ion melonjak 45,6 persen, keuntungan elektronik semikonduktor naik 16 persen, sementara keuntungan produksi peralatan pintar naik 9,2 persen.

Pasar peralatan manufaktur juga mengalami pertumbuhan yang stabil. Perdagangan, yang menyumbang lebih dari sepertiga total output perekonomian, mencatat kenaikan 6,1 persen pada Januari-Juli seiring dengan peningkatan sektor baja lalu lintas kereta api, pembuatan kapal, ruang angkasa dan elektronik.

Selain itu, pasar barang konsumsi membukukan keuntungan positif sebesar 10,2 persen​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Dari 13 produk konsumen utama, 11 produk mengalami pertumbuhan, delapan di antaranya mengalami pertumbuhan lebih dari 10 persen, terutama bisnis kertas dan serat kimia yang pendapatannya meningkat lebih dari dua kali lipat.

Para analis percaya bahwa pemulihan yang lebih cepat di pasar saham merupakan indikasi pemulihan yang stabil dalam perekonomian secara luas. Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok tumbuh sebesar 5 persen (yoy) pada semester I tahun 2024.

Pemerintah Tiongkok telah mengumumkan langkah-langkah untuk merangsang pemulihan ekonomi tahun ini, termasuk reformasi infrastruktur besar-besaran, layanan bisnis bagi konsumen, dan penerbitan kontrak khusus dengan jangka waktu yang sangat panjang.

Ke depan, Yu mengatakan akan melanjutkan upaya untuk memperluas permintaan domestik dan memperluas proyek untuk meningkatkan perekonomian. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong produksi energi baru dan menjaga kualitas pertumbuhan bisnis.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours