Sal Priadi Dituding Plagiat, Video Klip Gala Bunga Matahari Disebut Mirip Iklan John Lewis

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Sal Priadi dituduh melakukan plagiat setelah video klip Sunflower Gala dianggap mirip dengan konsep iklan John Lewis tahun 2015. Videonya sendiri dirilis pada 8 Agustus 2024.

Tuduhan itu muncul setelah video arahan Aco Tenriagelly itu ditonton lebih dari 9 juta kali dalam waktu lima hari setelah dirilis. Seorang YouTuber dengan nama akun @behindmindplace juga mengulas persamaan video Sunflower Gala dengan iklan John Lewis.

Salah satunya adalah adegan Gempita Nora Marten berperan sebagai anak kecil di bulan yang memberi isyarat kepada bumi. Ia yakin bagian ini hampir identik dengan konsep dalam iklan John Lewis.

Selain itu, musik pembuka video Sunflower Gala juga dipertimbangkan.

Dugaan plagiarisme ini kemudian ramai diperbincangkan di Platform X hingga menimbulkan pro dan kontra. Ada warganet yang setuju dengan ulasan YouTuber tersebut, namun ada pula yang berpendapat lain.

“Lagu jelek dipuja fans, malah dijiplak,” kata @mord***.

“Sebenarnya produksinya bagus pas aku tonton dan kok, setelah coba nonton MV-nya, yang ada di pikiran penciptanya, ternyata ‘AmatiTiruModifikasi’ itu MV Sal Yang Gala yang kuat banget,” komentar @ghe*. **.

“Bedakan plagiat dengan referensi. Kalau penjiplak meniru fitnah, diakui karyanya, jadi pencurian hak cipta. Dalam linguistik forensik, konten seperti itu sudah masuk kategori pencemaran nama baik. Disebut plagiarisme hanya jika secara visual semuanya sama persis, ” ucap @cici* * *.

Sal Priadi dikenal sebagai seniman yang selalu menyampaikan pesan mendalam dalam karya-karyanya. Gala Bunga Matahari sendiri berkisah tentang kehilangan orang tercinta yang telah meninggal, yang kemudian diperankan melalui adegan seorang anak kecil Gempita.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours