Peran Guru dan Orang Tua Sangat Penting untuk Rawat Jejak Digital Positif Pelajar

Estimated read time 3 min read

KAMPAR – Kemajuan teknologi digital membawa banyak manfaat bagi karir pribadi dan kelangsungan bisnis. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dapat menciptakan reputasi positif yang akan menciptakan peluang pembelajaran dan pencapaian karir yang lebih cemerlang di masa depan. Sayangnya, peran ini masih belum populer di kalangan pelajar.

“Semakin banyak pelajar yang bersenang-senang menggunakan media sosial, mengeksplorasi kehidupan artis dan berbagai aktivitas digital yang kurang produktif. “Memang sekarang dengan berbagai penerapan Artificial Intelligence (AI), kita bisa menciptakan berbagai karya yang memperkaya konsep pembelajaran di kelas,” kata Syed Ali Rahmatullah UIN Tulungagung Profesor Deny Yudiantoro dalam webinar literasi digital. segmen pendidikan Kerja Sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Rau Ratu Kampar, Senin (23/09/2024).

Dalam webinar bertajuk “Waspadalah terhadap Rekor Internet,” Deny menambahkan bahwa dengan aplikasi modern, jejak digital siswa harus lebih inovatif, karena tidak hanya mempersulit proses belajar, namun juga menciptakan lebih banyak peluang untuk melakukan pekerjaan yang positif. prestasi “Jadi seharusnya jejak digital kita merayakan pencapaian yang cemerlang dan positif, bukan sebaliknya,” kata Deny.

Menurut Danny, peran guru dan orang tua sangat penting dalam menjaga rekam jejak digital yang positif. Penting bagi pelajar untuk berhati-hati dalam memasukkan link media sosial dan tidak sembarangan membagikan konten ke akun media sosial yang berbeda. “Jika salah dan tidak hati-hati, bisa menimbulkan banyak dampak negatif yang sangat mengancam karir pendidikan siswa,” kata Deny.

Kali ini diskusi online dilakukan secara live. Ratusan siswa madrasah, guru, dan tenaga kependidikan turut hadir di sini dan mendengarkan materi setelah melakukan review kelompok (nobar) di sekolahnya.

Diantaranya adalah MAN I Kampar, MTs Negeri 1 Kampar, MTs Negeri 2 Kampar, MTs Negeri 3 Kampar, MTs Negeri 5 Kampar, MTs LKMD Kaksi, MTs Pondok Pesantren Darul Fatah, MTs Himmatul Umah Tapung, MASmmma Hi dan MASmm Hi serta MAS dari menjadi pelajar Al Ikhsan Riau

Di sisi lain, Syamsudin, Help Desk CBT Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau mengatakan, menjaga dan menyimpan jejak digital bisa dimulai dari langkah sederhana.

Misalnya siswa mulai membuat konten sederhana untuk pembelajaran matematika. Membuat rumus eksak lebih mudah dan ringan untuk belajar matematika.

“Lakukan secara konsisten. Melalui konten yang Anda buat, Anda akan dikenal sebagai ahli matematika. “Tidak hanya populer, tapi bisa menjadi referensi diskusi teman-teman di seluruh Kampar, bahkan Sumatera,” kata Syamsudin.

Untuk itu, tugas guru adalah menyempurnakan konten untuk siswa agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa yang menyukai matematika.

“Sehingga Anda dapat membantu guru menciptakan lingkungan yang lebih menarik dan menarik untuk pembelajaran matematika online. “Ini juga sebagai latihan menjaga dan membangun reputasi positif,” kata Syamsudin.

Syamsudin mengatakan keaslian dan menjaga jejak digital sangat penting dalam membangun personal branding, karena seringkali mahasiswa tidak mendapatkan beasiswa atau kesempatan kerja karena kelalaian dalam menjaga jejak digital.

Oleh karena itu, setelah sepuluh tahun, jika kecerobohan ini tidak diperhitungkan, akan menjadi ancaman serius dan bahkan dapat merusak karier Anda.

Di sisi lain, Riyanto yang berpengalaman dalam bisnis digital mengingatkan para mahasiswa agar tidak lupa berhati-hati menjaga keamanan digital. Tentunya jangan lupa untuk menjaga keamanan akun pribadi Anda saat masuk ke jejaring sosial dengan kata sandi yang kuat, unik, dan agak rumit.

Tapi dengan autentikasi dua faktor (2FA), jejak digital kita lebih aman dari berbagai ancaman virus dan kejahatan digital yang merusak reputasi yang berupaya kita jaga, kata Riyanto.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours