AS dan 10 negara Amerika Latin tolak validasi kemenangan Maduro

Estimated read time 1 min read

WASHINGTON (ANTARA) – Amerika Serikat dan 10 negara Amerika Latin pada Jumat (23/8) mengeluarkan pernyataan bersama yang menolak pernyataan Mahkamah Agung Venezuela yang menyatakan sah hasil pemilu 2024 yang dimenangkan Nicolás Maduro sebagai presiden.

“Pemerintah Argentina, Kosta Rika, Chile, Ekuador, Amerika Serikat, Guatemala, Panama, Paraguay, Peru, Republik Dominika, dan Uruguay telah sepenuhnya menolak pernyataan Mahkamah Agung Venezuela yang berusaha memvalidasi pemilu tersebut proses, menyatakan bahwa lembaga pemilu tidak mendukung pemilu 28 Juli dan mencoba mengesahkan hasilnya.

Negara-negara menekankan bahwa hanya audit pemungutan suara yang independen dan tidak memihak yang dapat menghormati keinginan rakyat, kedaulatan dan rakyat Venezuela yang demokratis.

Lebih jauh lagi, para penandatangan pernyataan bersama ini akan menekankan perlunya menghormati ekspresi keinginan rakyat Venezuela yang jelas dan damai.

Sebelumnya pada 29 Juli, Komisi Pemilihan Umum Nasional menyatakan Nicolas Maduro memperoleh 51% suara untuk masa jabatan presiden 2025-2031.

Pemerintah Venezuela menyatakan bahwa banyak negara ikut campur dalam pemilihan presiden di negaranya, sehingga mempengaruhi hak rakyat Venezuela untuk menentukan nasib sendiri.

Sumber: Sputnik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours