Marissa Haque dan perjalanan kariernya

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Aktris, politikus, dan akademisi Marissa Grace Haque, kelahiran Balikpapan, 15 Oktober 1962, dikenal sebagai sosok berpengaruh di dunia hiburan dan politik Indonesia.

Dalam kariernya sebagai seniman, ia juga aktif di dunia politik dan pendidikan hingga akhir hayatnya, pada 2 Oktober 2024.

Marissa memulai karirnya sebagai aktris film, memulai debutnya di layar lebar dalam film “Kembang Seseason” pada tahun 1980.

Ia terkenal karena perannya dalam film “Hanya Landas Untuk Pecinta” (1984) dan “Biarkan Itu Bulan” (1986), yang menempatkannya dalam daftar nominasi Piala Citra.

Prestasinya dalam film “Just Landas For Lovers” mengantarkannya meraih predikat Aktris Pendukung Terbaik Festival Film Indonesia.

Selain akting, Marissa juga aktif di dunia musik dan tari, mengikuti studio “Swara Mahardika” di bawah bimbingan Guruh Soekarnoputera. Ia sebelumnya terkenal sebagai bintang sinetron komersial sehingga popularitasnya semakin meningkat di masyarakat.

Tak sampai disitu, Marissa terjun ke dunia politik sebagai anggota DPR pada tahun 2004 melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mewakili daerah pemilihan Jawa Barat II.

Pada tahun 2006, beliau menjabat sebagai Duta Badak untuk WWF Indonesia. Namun karir politiknya di PDIP tidak bertahan lama.

Marissa kemudian bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 2007, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) pada tahun 2012.

Ia banyak mengikuti pemilu dan menunjukkan komitmennya memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Marissa adalah seorang akademisi yang berdedikasi. Beliau menyelesaikan pendidikan sarjana hukum di Universitas Trisakti, kemudian melanjutkan studi di bidang bahasa untuk anak tunarungu di Universitas Katolik Atma Jaya dan juga memperoleh gelar MBA dari Universitas Gadjah Mada.

Pada tahun 2012, beliau memperoleh gelar doktor di Pusat Kajian Lingkungan Hidup Institut Pertanian Bogor.

Sebagai pengajar di Sekolah Perbankan Indonesia, Marissa berbagi ilmu dan pengalamannya kepada generasi muda.

Marissa Haque merupakan sosok yang memberi warna di berbagai bidang hiburan, politik, dan pendidikan. Warisannya akan terus dikenang, terutama oleh mereka yang terinspirasi oleh kehidupan dan kariernya yang bervariasi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours