Headset Baru Meta, Pertanda Apple Kehilangan Arah dengan Vision Pro?

Estimated read time 3 min read

AS – Akankah kacamata AR baru dan headset realitas campuran murah dari Meta memberikan tekanan pada Apple untuk meningkatkan strategi Vision Pro-nya?

Baik iPhone maupun Apple Watch memerlukan beberapa tingkat penyempurnaan sebelum menjadi produk sukses yang kita kenal sekarang. Meski demikian, kedua produk ini tidak perlu dirombak total sebelum bisa sukses di pasaran. Saat ini, iPhone dan Apple Watch masih sangat dekat dengan visi aslinya.

Kini, Apple menghadapi tantangan yang sangat berbeda dengan headphone Vision Pro-nya. Mereka ingin membuat headphone kelas atas yang belum ada di pasaran, tetapi tidak memiliki dasar yang kuat. Vision Pro adalah pameran teknologi yang hebat. Mulai dari perangkat keras, desain aluminium dan kaca yang ramping, kamera terbaik, chip canggih, dan tampilan cantik.

Namun Mark Garman dari Bloomberg mengatakan headset tersebut hanyalah sebuah karya teknologi. Ini sebenarnya bukan produk konsumen yang fungsional. Mengapa? Karena kekurangannya terlalu besar untuk diabaikan.

Headphone tidak bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Hanya ada sedikit perangkat lunak atau konten video pihak ketiga. Dan perangkat ini tidak memiliki fitur menarik lainnya.

Baik teknologi tersebut disebut mixed reality (kombinasi augmented reality dan virtual reality) atau komputasi spasial, istilah pilihan Apple, konsep tersebut belum diterima oleh konsumen.

Lalu ada masalah harga. Vision Pro dibanderol dengan harga USD 3.500 (sekitar Rp 53 juta) belum termasuk pajak, peningkatan penyimpanan, dan aksesori, sehingga di luar jangkauan kebanyakan orang. Belakangan, harga perangkat tersebut diturunkan menjadi Rp 15 juta. Tapi itu masih belum cukup bagi pelanggan untuk melihat kembali.

Sasaran serangan balik

Pekan lalu, Meta Platforms Inc. mengumumkan serangkaian teknologi baru yang memperkuat gagasan bahwa Apple berada di jalur yang salah.

Pada konferensi Connect Meta, perusahaan mengumumkan versi terbaru dari kacamata pintar Ray-Ban terbarunya. Berbeda dengan Vision Pro, produk ini menarik perhatian konsumen berkat kombinasi desain ramping, fitur bermanfaat, dan pemasaran efektif, yang merupakan keunggulan Apple.

Di ranah realitas campuran, Meta memberikan pukulan baru. Harga headset baru Quest 3S mulai dari USD 299 (sekitar Rp 4,5 juta). Dengan harga segitu, Meta memiliki janji lebih dari Apple Vision Pro untuk menghadirkan mixed reality ke dalam kategori mainstream. Quest 3S yang lebih murah mungkin akan terjual lebih baik.

Namun kemajuan utama Meta adalah demonstrasi prototipe kacamata Orion AR. Perangkatnya mungkin belum matang, tetapi ini mungkin pertama kalinya konsep kacamata AR benar-benar berkembang.

Orion menawarkan bidang pandang 70 derajat (tidak jauh dari Vision Pro) dan mengandalkan kontrol mata dan tangan yang elegan. Idenya adalah mengganti ponsel cerdas Anda dengan sesuatu yang nyaman Anda pakai di wajah sepanjang hari.

Orion Glass hanyalah sebuah prototipe. Namun, Meta telah membuktikan bahwa mereka sedang dalam perjalanan untuk mewujudkan visi menarik ini.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours