PLN Kalbar berhasil melistriki 100 persen desa di Kabupaten Sanggau

Estimated read time 2 min read

PONTIANAK (ANTARA) – Unit Distribusi Provinsi (UID) PLN Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Unit Pemberdayaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Sangau dan Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kapuas Raya akan menyediakan listrik 100% untuk Desa Kabupaten Sangau. .

“Pelaksanaan program elektrifikasi desa terbaru di Desa Idas menjadikannya salah satu desa terakhir di Kabupaten Sanggau yang mencapai 100 desa berlistrik,” kata General Manager PLN UID Kalbar Joice Lanny Wantania. Pontianak, Selasa.

Dijelaskannya, PLN berkomitmen ikut serta dalam pertumbuhan Kalimantan Barat dengan menyediakan listrik ke desa-desa, mendorong peningkatan kesejahteraan, perekonomian, dan pendidikan, serta memberikan kemudahan akses informasi kepada masyarakat.

“Kami berharap masuknya listrik dari PLN dapat meningkatkan kesejahteraan, perekonomian, pendidikan dan memudahkan akses informasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat,” tegasnya.

Pengelola PLN UP2K Kapuas Raya Harsian menjelaskan, listrik desa merupakan salah satu indikasi kehadiran pemerintah kota dan PLN yang telah menunjukkan pemerataan akses listrik bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat miskin, marginal, dan ekstrim (3T).

“Pada awal tahun 2023, masih terdapat sembilan desa tanpa listrik di Sangau, dan pada tahun 2024, kesembilan desa tersebut akan menyelesaikan proses elektrifikasi desa, untuk mencapai 100% akses listrik di desa-desa di wilayah Sangau. katanya

Harsian juga menyebutkan untuk menonjolkan Desa Idas sebagai desa yang 100% aliran listriknya masuk ke desa, jaringan PLN tegangan rendah (JTR) sepanjang 9,23 km, tegangan menengah (JTM) 11 km, dan empat jaringan dengan total kapasitas. sebesar 300 kVA.

“Hal ini membuat 359 warga Kecamatan Noyana sangat bahagia karena kini mereka sudah bisa menikmati listrik PLN setelah 79 tahun kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Idas Patan, Kepala Desa, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN yang telah memberikan pencerahan dari jantung desa sehingga impian masyarakat yang telah puluhan tahun menantikan listrik akhirnya bisa terwujud.

“Kami sangat berterimakasih kepada PLN atas keikhlasannya dalam memilih desa kami. Dengan adanya listrik di desa kami tentunya dapat menunjang kebutuhan energi masyarakat desa. Selain itu listrik juga dapat meningkatkan perkembangan perekonomian dan perputaran perekonomian khususnya di Desa Idas,” ujarnya pula.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours