realme 13 Pro+ 5G, pengalaman fotografi rasa pro disempurnakan AI

Estimated read time 6 min read

Jakarta (Antara) – Tak butuh waktu lama bagi Realme untuk menghadirkan inovasi dan melepasnya ke pasar smartphone, baru-baru ini Realme memperkenalkan smartphone seri nomornya di Indonesia melalui seri Realme 13 Pro 5G.

Kali ini diperkenalkan seri Realme 13 Pro 5G dengan dua pilihan yaitu Realme 13 Pro 5G dan Realme 13 Pro+ 5G yang hadir dengan tampilan yang terinspirasi dari karya pelukis legendaris Monet dengan tetap mempertahankan aspek ikonik dan elegan dari smartphone tersebut.

Salah satu peningkatan yang dibawa pada smartphone ini dibandingkan generasi sebelumnya adalah hadirnya sensor ganda dari SONY yang memberikan pengalaman fotografi tampak profesional pada ponsel kelas menengah ini.

Kedua sensor tersebut antara lain sensor SONY LYT 701 untuk kamera utama 50 MP dan sensor SONY LYT 600 untuk kamera periskop 50 MP, masing-masing kamera juga memiliki optical image stabilization (OIS) sehingga dapat menghasilkan foto profesional saat dipajang.

Hasil jepretan semakin ditingkatkan dengan hadirnya sistem kamera Realme HyperImage + yang merupakan arsitektur fotografi berbasis kecerdasan buatan (AI).

ANTARA berkesempatan untuk merasakan langsung peningkatan kombinasi kamera dan AI yang dibawa ke Realme 13 Pro+ 5G dan berikut ulasan lengkapnya dimulai dari performa kameranya.

Kombinasi lensa keren dan AI cerdas

Pertama kali mencoba kombinasi dua sensor SONY di Realme 13 Pro + 5G dengan kamera ganda 50 MP, kesan langsungnya luar biasa.

Kata-kata tersebut tidak berlebihan, karena saya pertama kali mencoba menggunakan ponsel ini menggunakan mode malam tanpa ada pengaturan apa pun di tengah penggunaan ponsel ini.

Hasilnya, Realme 13 Pro + 5G mampu menghadirkan foto lingkungan di stasiun kereta dengan jernih dan sangat estetis meski minim cahaya.

Tampilan foto dalam mode malam dihasilkan oleh kamera Realme 13 Pro+ 5G. Foto kiri tanpa filter, foto kanan dengan filter “pink and teal” (ANTARA / Livia Kristianti)

Pada Night Mode, pengguna ponsel juga dapat menggunakan berbagai filter yang disediakan Realme, antara lain filter Golden, Warm & Cool, Pink & Teal, dan Night City.

Filter-filter ini sepertinya dirancang untuk menyesuaikan dengan selera generasi muda, sehingga foto yang dihasilkan terasa lebih indah saat diterapkan.

Tampilkan foto dalam mode foto dengan filter “makanan” yang dihasilkan kamera Realme 13 Pro+ 5G dengan minim cahaya di malam hari. (ANTARA / Livia Kristianti) Menampilkan foto dalam mode foto dengan filter “makanan” yang dihasilkan kamera Realme 13 Pro+ 5G di malam hari dengan cahaya minim. (Antara/Livia Cristianti)

Meski pencahayaan di restoran kurang membantu, namun foto malam hari sepertinya juga berfungsi dengan baik jika memadukan mode foto biasa dengan filter makanan yang berhasil menangkap detail makanan. Anda dapat mengetahui bahwa sistem kamera HYPERIMAGE+ menyempurnakan setiap detail.

Penggunaan HYPERIMAGE+ memudahkan pengeditan dengan “AI Smart Removal” untuk menghilangkan objek yang mengganggu. Hasil kombinasi HYPERIMAGE+ yang memperlihatkan peningkatan detail dan penghilangan objek dapat dilihat pada gambar berikut.

Realme 13 Pro+ 5G meningkatkan performa foto dengan mode foto malam melalui realme HYPERIMAGE+. Foto sebelah kiri adalah foto sebelum menggunakan AI Smart Removal, foto sebelah kanan adalah hasil pengolahan AI. (Antara/Livia Cristianti)

Pengalaman fotografi bernuansa profesional ini berlanjut ketika dua sensor SONY pada Realme 13 Pro+ 5G digunakan untuk mengabadikan momen penting pernikahan salah satu rekan saya.

Sedangkan untuk sensor SONY LYT 701 yang mendukung kamera utama, sensor ini bekerja sangat baik untuk mengabadikan momen di dalam ruangan dengan cahaya yang cukup.

Sambil fokus pada objek foto yang diinginkan, lensa ini mampu menangkap setiap detail objek berikutnya di bawahnya dengan warna yang sesuai dengan aslinya. Dengan masuknya OIS, gambar yang dihasilkan tidak buram meski foto diambil dari jarak jauh.

Tampilan foto dengan 50 MP Sony LYT 701 dengan sensor kamera utama OIS pada Realme 13 Pro+ 5G dengan Realme HYPERIMAGE+. (Antara / Livia Cristianti) Tampilan foto dengan 50 MP Sony LYT 701 dengan sensor kamera utama OIS dengan Realme HYPERIMAGE+ di Realme 13 Pro+ 5G. (Antara/Livia Cristianti)

Sedangkan untuk sensor SONY LYT 600 tidak perlu diragukan lagi performanya, sebagai lensa periskop kamera ini juga bekerja dengan sangat memuaskan.

Apalagi saat menggunakan mode potret, efek bokeh dan objek yang dramatis tidak terasa berlebihan dan terasa sangat natural. Mampu mengabadikan momen-momen penting juga terasa lebih hidup dan berkesan.

Tampilan foto dengan Realme HYPERIMAGE+ di Realme 13 Pro+ 5G dengan sensor kamera telefoto periskop Sony LYT 600 50 MP dengan OIS. (Antara / Livia Cristianti) Realme 13 Pro+ 5G dengan tampilan Foto Realme HYPERIMAGE+ 50 MP Sony LYT 600 dengan sensor kamera telefoto periskop OIS. (Antara/Livia Cristianti)

Berbicara mengenai kemampuan lain yang dimiliki smartphone ini, kemampuan HYPERIMAGE+ lainnya yang juga menarik untuk digunakan adalah fitur peningkatan foto grup AI.

Fungsi ini sangat berguna bagi orang-orang yang sering mengabadikan momen dengan lebih dari satu objek karena mampu memberikan detail pada foto dengan banyak objek, apalagi jika foto diambil sambil bergerak, untuk meminimalkan hal-hal seperti foto buram.

Terlihat dari gambar yang diperoleh saat menggunakan fungsi AI Group Photo Enhance pada coverage, detail yang diberikan pada setiap objek sangat fokus dan terlihat jelas, meskipun pengguna baru saja memindahkan foto tersebut dalam waktu singkat. kecil

Tampilan foto dengan “AI Photo Group Enhance” dari realme HYPERIMAGE+ di Realme 13 Pro+ 5G. (Antara/Livia Cristianti)

Soal performa kamera depannya, meski hanya 32 MP, namun hasil yang diberikan tak kalah menarik, cukup memberikan detail, detail motif baju juga terekam dengan baik. Saat menggunakan mode POTRET, pengguna juga bisa menambahkan kesan estetis yang tidak berlebihan.

Tampilan foto dengan kamera depan Realme HYPERIMAGE+ di Realme 13 Pro+ 5G. Yang kiri adalah foto biasa, dan yang kanan menggunakan mode potret. (Antara/Livia Cristianti)

Tampilan keseluruhan Realme 13 Pro + 5G dengan seluruh boks aksesoris termasuk charger dan kabel data, casing dan buku petunjuk. (Antara/Livia Cristianti)

Dari sisi lintasan, Realme 13 Pro + 5G tidak terlalu membawa perubahan dibandingkan generasi sebelumnya karena sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2.

Chipset ini tidak memiliki masalah berarti dalam menjalankan game arcade seperti “PAC-MAN” atau mengakses aplikasi lainnya. Layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz juga enak dipandang, menawarkan visual jernih dan tanpa cela.

Untuk ketahanan daya, Realme 13 Pro + 5G memiliki baterai besar 5200 mAh yang mampu digunakan sepanjang hari.

Daya tahan baterai seharian penuh mulai pukul 08.00 WIB untuk mengakses rekaman audio, mengambil foto, mengakses browser, mengakses jejaring sosial, melihat aplikasi pesan instan, menonton YouTube, dan mendengarkan lagu dari Spotify dan turun hingga 37 persen Baterai hingga pukul 19.00 WIB di penghujung hari.

Untuk penggunaan kamera dalam waktu lama, daya tahan baterai Realme 13 Pro + 5G juga dinilai lumayan. Setelah menggunakan kamera terus menerus selama sekitar 1,5 jam untuk foto dan video di dalam ruangan, ponsel tidak terasa terlalu panas dan baterai masih tersisa sekitar 30 persen pada siang hari.

Kesimpulan detail kamera Realme 13 Pro+ 5G. (Antara/Livia Cristianti)

Jika Anda menginginkan ponsel kelas menengah, namun membutuhkan kemampuan fotografi mumpuni dengan hasil profesional, Realme 13 Pro + 5G sangat cocok untuk dimiliki.

Setiap detail gambar yang dihasilkan lensa menghasilkan hasil yang sangat natural dan 95 persen sesuai aslinya, dengan sedikit variasi pencahayaan tergantung sudut pengambilan foto.

Namun semua itu masih bisa ditingkatkan dengan sistem kamera HyperImage+ yang mampu membawa hasil fotografi ke level selanjutnya.

Realme 13 Pro + bisa dimiliki di Indonesia untuk RAM 8 GB + 8 GB dan ROM 256 GB dengan harga Rp 6.099.000, disusul ROM 512 GB untuk RAM 12 GB + 12 GB dengan harga Rp 6.599.000.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours