Pertamina Mandalika Racing Series 2024, Jembatan Prestasi Menuju Pentas Asia

Estimated read time 3 min read

LOMBOK – Setelah jeda selama sebulan lebih, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pertamina Mandalika Racing Series 2024 telah memasuki putaran ketiga pada 13-14 Juli 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, NTB.

Ajang balap motorsport bergengsi ini menjadi “destinasi balap” di Indonesia dengan lokasi di kawasan wisata yang eksotik dan persaingan antar pembalap yang semakin meningkat, termasuk dalam pengemasan acaranya. Tak hanya menjadi ajang unjuk prestasi, namun juga menjadi wadah munculnya talenta-talenta muda potensial dan menyambut antusias komunitas balap di Indonesia.

Setelah sebelumnya mengikuti balapan di turnamen lokal dan nasional, kini mereka akan berlaga di putaran ketiga Pertamina Mandalika Racing Series. Ajang hasil kerja sama PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC dan inJourney yang didukung Pertamina ini merupakan salah satu putaran penting karena menjadi tolok ukur persiapan para pembalap Tanah Air. Sebab, digelar dalam rangka putaran keempat Asian Road Racing Championship (ARRC) pada 26-28. Juli dalam Pertamina Mandalika International Tour yang akan diikutinya.

Dari total peserta, ada 118 peserta yang mengikuti turnamen nasional kali ini, yang diantaranya adalah petarung utama asal Indonesia seperti Veda Ega Pratama, Galang Hendra Pratama, Andi Gilang, Wahyu Aji Trilsaksana, Rey Ratukore, Fahmi Basam dan barisan depan. . Kelas kejuaraan nasional yang dipertandingkan adalah Sport 150, Sport 250, Supersport 600 serta kelas pendukung Junior Sport 150 U-15, Underbone 150 Open serta Supersport 600 dan Superbike 1000 Community.

Menurut General Manager MGPA Priandhi Satria, keberadaan Kejuaraan Nasional Pertamina Mandalika Racing Series menjadi daya tarik bagi seluruh pembalap Indonesia untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Kami terus berinovasi agar bisa mengemas kejuaraan ini agar terus berlanjut dengan mengedepankan kualitas dalam segala hal yang ditujukan pada standar internasional. Tentu saja tujuan mencapai kesuksesan harus diimbangi dengan kerja keras dan dukungan semua pihak. Kehadiran Pertamina Mandalika Racing Series antara lain menjembatani para pembalap lokal untuk mampu bersaing dan mengukir prestasi di platform internasional seperti ARRC yang akan digelar pada 26-28 mendatang. Juli di jalur kita,” kata Priandhi.

Salah satu pebalap kebanggaan Indonesia, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang mengaku Kejuaraan Nasional Pertamina Mandalika Racing Series akan dijadikan sebagai persiapan menghadapi ARRC.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya MRS, karena merupakan ajang bergengsi di Indonesia dan menjadi tempat saya berlatih untuk balapan Asia. “Semoga kedepannya organisasi dan pebalap terus berbenah,” ujar Andi Gilang yang berlaga di kelas ARRC 2024 FSA 1000.

Tak hanya bicara soal kompetisi dan prestasi, putaran ketiga ajang Pertamina Mandalika Racing Series juga soal olahraga dan keberlanjutan. Hal ini sejalan dengan program global induk motor sport dunia (FIM) menuju kesadaran motor sport dan kelestarian lingkungan. Salah satu tujuan dari kesadaran ini adalah untuk menjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dan perlindungan lingkungan. Mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan balap dengan membuang sampah pada tempatnya, penggunaan tikar pada kendaraan, dan penggunaan air adalah detail yang juga dihadirkan.

“Kejuaraan Nasional Pertamina Mandalika Racing Series merupakan salah satu ajang pertama yang menghubungkan olahraga dan kampanye keberlanjutan bagi penyelenggara, tim, dan pembalap berdasarkan aturan FIM. “Semoga semua dapat memahami arti keberlanjutan untuk menjaga lingkungan sendiri dan masyarakat lainnya,” ujar Eddy Saputra, Asisten IMI Motor Sports.

Dua sesi latihan bebas digelar pada Jumat (12/7/2024), dilanjutkan dengan latihan, kualifikasi, dan balapan pertama pada Sabtu. Minggu (14/7/2024) akan digelar pertemuan Superpole dan balapan kedua.

Pertamina Mandalika Racing Series 2024 didukung Kemenparekraf, MGPA, ITDC dan InJourney serta Honda, LFN, Pirelli, Yamaha, Aspira Premio, GS Astra, BRT Racing, BRT Electric, KYB, Cargloss, Arai Indonesia , YSS, Pikoli, MS Glow Putra, RCB, Uma Racing, MFZ Racing, Hydro Coco, Chemco, Nissin Samurai Brake dan Narmada.

Tak sekadar balap motor biasa, ajang Pertamina Mandalika Racing Series juga mengangkat potensi perekonomian masyarakat sekitar dengan menyediakan lapak hingga UMKM yang menjual aneka makanan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours