Cegah Kebakaran, Damkar Cek Kesiapan Sistem Pemadam di Gedung Perumda Tirta Bhagasasi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi mendatangkan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk mengecek kesiapan sistem pemadaman gedung. Pengujian ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan kebakaran.

“Pemeriksaan sarana dan prasarana sistem pemadaman dilakukan di gedung perkantoran kami yang berlantai empat,” kata Kasubid Humas Peruda Tirtha Bhagasasi Bekasi Hasan Basri di Sikarang, Kamis (25/7/2024).

Hasan mengatakan, pengujian sistem pemadaman telah dilakukan pada seluruh alat pemadam api ringan (APAR), hidran air, sirine darurat, dan sistem fire sprinkler yang dipasang di langit-langit ruangan.

“Petugas pemadam kebakaran telah melakukan pemeriksaan pada sistem pemadam kebakaran. Seluruh ruangan telah diperiksa secara menyeluruh oleh petugas untuk memastikan kesesuaian sarana dan prasarana pemadam kebakaran,” ujarnya.

Setelah dilakukan pengujian menyeluruh, hasilnya dilaporkan bahwa seluruh peralatan sistem pemadam kebakaran berfungsi dengan baik. “Semuanya masih aktif, masih normal, belum ada yang selesai,” ujarnya.

Petugas pemadam kebakaran juga membawa peralatan penahan untuk mencegah air tumpah ke meja atau perangkat elektronik di sekitar area pengujian. “Sebelumnya saya juga mencoba memutar sirene bahaya secara langsung, masih berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Pihaknya juga melakukan simulasi bencana alam dan kebakaran jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, meski hal tersebut tidak diperkirakan.

“Yang terpenting, ini demi kenyamanan dan keselamatan seluruh karyawan dengan memastikan seluruh sarana dan prasarana berfungsi dengan baik. Tentu ini juga menjadi syarat utama program keselamatan dan kesehatan kerja,” ujarnya.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Bekasi meninjau sistem pemadaman di Kantor Pusat Peruda Tirtha Bhagasi Bekasi, Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Hegarmukti, Kecamatan Sikarang Tengah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours