Kemlu minta WNI tunda perjalanan ke Lebanon hingga Israel

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beirut meminta Warga Negara Indonesia (WNI) menunda perjalanan ke Lebanon, Iran, Israel, dan Palestina.

“WNI yang berencana berangkat ke Lebanon, Iran, Israel, dan Palestina, mohon ditunda perjalanannya hingga situasi aman,” kata Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Indonesia, dalam keterangan singkatnya, Selasa. tiba di Jakarta.

Mulai Agustus 2024, KBRI Beirut telah meningkatkan tingkat kewaspadaan ke Level 1 di seluruh Lebanon, kata Judha. Sebelumnya, KBRI telah memasang peringatan 1 di wilayah selatan Lebanon mulai Oktober 2023.

KBRI Beirut mencatat, saat ini ada 159 WNI yang berada di Lebanon. Sejak ditetapkannya Siaga 1, Kementerian Luar Negeri dan KBRI Beirut telah memfasilitasi evakuasi 25 WNI dari Lebanon.

Sementara itu, banyak WNI yang memilih tinggal di Lebanon karena alasan masing-masing. Mayoritas yang memilih bertahan adalah pelajar dan WNI yang menikah dengan warga setempat.

Kementerian Luar Negeri dan KBRI kembali mengimbau WNI untuk berhati-hati, menghindari daerah berbahaya dan mengurangi perjalanan yang tidak penting, kata Judha.

Israel melanjutkan serangan udaranya di Lebanon selatan dan timur.

Otoritas kesehatan Lebanon mengatakan setidaknya 492 orang, termasuk 35 anak-anak, tewas dan 1.645 lainnya terluka dalam serangan udara Israel sejak Senin pagi. Serangan itu juga memaksa ribuan warga meninggalkan rumahnya.

Hizbullah dan Israel terlibat perang lintas batas sejak serangan brutal di Jalur Gaza menyusul serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.

Sejak dimulainya operasi militer di Gaza oleh Israel, lebih dari 41.400 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah terbunuh.

Tentara Israel juga meningkatkan serangannya di Lebanon, mengabaikan peringatan dari komunitas internasional bahwa mereka berisiko menyebarkan konflik di Gaza ke wilayah lain.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours