Profil Marissa Haque, Artis Tenar yang Jadi Politikus PDIP, PPP, dan PAN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Artis ternama Marissa Haque, istri penyanyi Ikang Fawzi dikabarkan meninggal dunia pagi tadi. Jenazah rencananya akan dibawa ke kediamannya di Perumahan Pelanga Bintaro no. 9 akan dimakamkan sore ini di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

“Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Marissa Haque, ibu dari Chiki dan Bella Fawzi, istri dari Ikang Fawzi. “Dia meninggal dini hari tadi sekitar pukul 02.00,” tulis artis Adib Hidayat di akun Twitter (X) miliknya, Rabu (10/2/2024).

Marissa Haque adalah seorang seniman dari tahun 80an. Bernama asli Marissa Grace Haque memulai karirnya dengan film Kembang Seseason yang disutradarai MT Risyaf pada tahun 1981.

Dalam film ini, aktris asal Madura, Belanda, Pakistan, dan Prancis ini beradu akting dengan Mieke Wijaya dan Rano Karno. Sejak saat itu, Marissa banyak membintangi film Indonesia bersama aktor dan aktris hebat lainnya.

Diantaranya film Bukan Istri Pilihan (1982), Jejak Mempelai Wanita (1983), Hukum Karma (1983) dan Mendarat Saja Untuk Kekasih (1984), yang untuk pertama kalinya ia memenangkan Piala Citra. Dalam film tersebut wanita kelahiran 15 Oktober 1962 ini bertemu dengan jodohnya Ahmad Zulfikar Fawzi atau populer dengan sebutan Ikang Fawzi. Usai bertemu lewat sebuah film, Marissa dan Ikang menikah pada 3 Juli 1986. Usai pernikahan, kakak dari aktris Shahnaz Haque ini melanjutkan karirnya di dunia perfilman hingga tahun 1990.

Selain karir seninya, Marissa Haque juga seorang politikus. Ia merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP pada masa kepemimpinan Presiden Susil Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004-2006. Setelah keluar dari PDIP, Marissa pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain terjun ke dunia politik, Marissa Haque kini juga aktif di dunia pendidikan. Seniman multitalenta jebolan Universitas Trisakti, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Pertanian Bogor ini kini menjadi dosen. Hal itu terlihat di profil Instagram pribadinya. Dimana di Instagram pribadinya tertulis dirinya merupakan dosen di IBS dan IEF Usakti.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours