Aplikasi Juno akan ditutup

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Juno, aplikasi populer yang menampilkan video YouTube kepada pengguna Apple Vision Pro, akan ditutup pada Selasa (1/10), menurut keterangan pengembang.

TechCrunch melaporkan pada Rabu (2/10) bahwa Juno diciptakan oleh pengembang independen Christian Selig, yang terkenal dengan aplikasi Apollo milik Reddit yang kini sudah tidak ada lagi.

Juno dirilis tak lama setelah Vision Pro pada Februari 2024.

YouTube belum merilis aplikasi resmi untuk Vision Pro, jadi Juno mengisi kesenjangan dalam ekosistem aplikasi dengan memungkinkan pengguna menonton video di lingkungan yang menarik dan berinteraksi dengan pemutar dengan gerakan seperti memperbesar jendela dan memutar video.

Aplikasi-aplikasi ini membantu Selig tetap mengikuti perkembangan platform terbaru Apple dan memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam aktivitas menarik di perangkat peluncuran tanpa memerlukan berbagai aplikasi khusus headset selain aplikasi yang kompatibel.

Selig mengungkapkan bahwa Google tidak terlalu tertarik dengan ide aplikasi pihak ketiga untuk menonton YouTube.

Selig menjelaskan dalam postingan blognya bahwa perusahaan tersebut menghubungi pengembangnya, dan kemudian Apple, yang mengatakan Juno tidak mengikuti pedoman YouTube dan mengubah situs webnya dengan cara yang tidak sesuai dengan mereka.

Perusahaan mengutip merek dagang dan ikon dalam keluhannya, dan Apple menanggapinya dengan menarik aplikasi tersebut dari App Store.

Selig berpendapat tindakan ini tidak diperlukan.

Juno, katanya, hanyalah antarmuka web YouTube, yang mengubah situs dan pemutarnya agar lebih “mirip visionOS”. Aplikasi ini tidak memblokir iklan YouTube.

Namun Selig menyatakan tidak akan menentang keputusan perusahaan tersebut karena Juno hanyalah proyek hobi yang menyenangkan.

Selig selanjutnya akan fokus pada Pixel Pals, sebuah aplikasi iOS berdasarkan fitur aplikasi Apollo.

Bagi mereka yang menginstal Juno di perangkatnya, aplikasi akan berfungsi untuk sementara waktu kecuali Anda melakukan perubahan yang merusak aplikasi YouTube.

“Maaf mengakhirinya seperti ini, saya punya rencana yang sangat bagus untuk aplikasi ini yang menurut saya akan sangat menyenangkan,” tulis Selig dalam blog tentang penutupan aplikasi.

“Sungguh luar biasa mendengar kata-kata baik dari pengguna Vision Pro yang menyukai aplikasi ini,” katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours