1.966 peserta ikuti audisi bulu tangkis di Kabupaten Kudus

Estimated read time 3 min read

Kudus (ANTARA) – Peminat audisi beasiswa bulutangkis yang digelar Persatuan Bulutangkis Djarum Kudus (PB) Jawa Tengah masih cukup tinggi karena jumlah pendaftar audisi di Kabupaten Kudus sebanyak 1.966 orang.

“Jumlah peserta audisi yang mencapai 1.966 pendaftar ini berasal dari berbagai daerah di Tanah Air,” kata Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin, dalam jumpa pers PB 2024. Audisi Umum Djarum di GOR Djarum Jati Kudus, Rabu.

Ia mengatakan mereka antara lain berasal dari Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi, Bali, dan Papua.

Ia mencatat, jumlah pendaftar masih didominasi Jawa Tengah yang mencapai 1.242 pendaftar. Sedangkan Jawa Timur 203 orang, Jawa Barat 188 orang, Sumatera 63 orang, Kalimantan 53 orang, Sulawesi 32 orang, Papua 19 orang, dan Bali 9 orang.

“Kami mengapresiasi peningkatan signifikan minat peserta asal Sumatera hingga Papua dibandingkan tahun lalu. Tren positif ini menunjukkan api generasi bulu tangkis Indonesia masih menyala,” ujarnya.

Yopi menuturkan, audisi rutin selalu diinovasi untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik. Salah satu perbedaannya adalah kelompok umur karena tahun lalu hanya U-11 dan U-13 yang menjadi sasaran, namun tahun ini rencananya lebih spesifik dan tiga kelompok umur yang menjadi sasaran adalah U-11, KU11 dan KU12.

Menurutnya, hal itu untuk memastikan para peserta bisa bertemu lawan yang seumuran dan memiliki teknik bermain serta kualitas mental yang sama.

“Kelompok usia ini belum mengenal proses seleksi pemain bulutangkis pada umumnya. Namun kami selalu menjadi pionir. Bukan berarti kami ingin tampil beda dari yang lain, namun kami mempertimbangkan keadilan dan hasil diskusi dengan peserta. , “katanya.

Dikatakannya, dengan prestasi ini para peserta mampu bersaing dengan rekan-rekan dan lawan-lawan yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Tim Pencarian Bakat Audisi Umum PB Djarum 2024 Sigit Budiarto mengatakan, selain kelompok umur, inovasi lainnya adalah rencana periode penyaringan.

Dikatakannya, pada audisi umum tahun lalu, para kontestan memiliki kesempatan 5-10 menit untuk menarik perhatian tim pencari bakat dan tokoh bulutangkis sehingga lolos ke babak turnamen. Sedangkan pada tahun ini mengadopsi babak play-off dengan sistem gugur satu pertandingan perebutan peringkat 21, dimana peserta yang menang berhak melaju ke babak turnamen.

“Dengan rencana ini para peserta harus mempunyai persiapan yang matang, daya juang yang tinggi, kemampuan yang kuat dan integritas saat bertanding karena kemenangan akan menentukan lolos atau tidaknya mereka ke babak selanjutnya,” ujarnya.

Selain masuknya tim pencari bakat yang beranggotakan para pelatih PB Djarum, sejumlah legenda bulu tangkis Tanah Air juga turut hadir untuk meninjau bakat para peserta audisi umum PB Djarum 2024. , Marlev. Mainaky, Hariyanto Arbi, Debby Susanto, Susy Susanti, Ivana Lee, Chafidz Yusuf, Liem Swie King, Lius Pongoh dan Kevin Sanjaya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours