ASDP berikan pelatihan HAKI untuk mitra binaan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – PT ASDP Indonesia Shipping (Persero) akan bermitra dengan Go UKM melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) serta terus memperkuat daya saing mitra UMKM melalui program pelatihan dan pelepasan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sekretaris ASDP Enterprise Shelvy Arifin menjelaskan, program ini akan membantu UKM memahami pentingnya pendaftaran hak cipta, merek, paten, dan desain industri.

“Dengan perlindungan HKI, UKM dapat memperluas pasar dan melindungi produknya dari duplikasi di pasar domestik dan internasional,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UMKM, UMKM menyumbang 60% terhadap PDB negara. Namun hanya sedikit yang memiliki HKI. Program ini bertujuan untuk menjawab tantangan tersebut agar UMKM dapat meningkatkan nilai tambah dan inovasi produknya.

ASDP telah memilih enam fasilitator untuk melakukan pelatihan intensif bagi UMKM termasuk pengenalan formulir HKI dan tata cara pendaftaran. “Kami juga memberikan bantuan teknis seperti peninjauan dokumen untuk mengefektifkan pengajuan HKI,” kata Shelvey. Mitra terpilih mencakup berbagai sektor usaha mulai dari kerajinan tangan, oleh-oleh daerah, hingga F&B.

Perlindungan HKI tidak hanya memberikan keamanan hukum namun juga memberikan strategi bisnis jangka panjang. Merek dagang terdaftar dapat memperkuat posisi pasar UKM, mengurangi risiko perselisihan dan menciptakan keunggulan kompetitif.

Melalui inisiatif ini, ASDP mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 8 yang mencakup pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan. Bagi UMKM, perlindungan HKI berperan penting dalam menciptakan lingkungan usaha yang sehat dan kompetitif.

Program ini mencerminkan komitmen ASDP dalam memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasinya sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours