Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Estimated read time 5 min read

WASHINGTON – Ribuan aktivis diperkirakan berkumpul di Chicago untuk menghadiri Konvensi Nasional Partai Demokrat, dengan harapan dapat menarik perhatian pada hak aborsi, ketidakadilan ekonomi, dan perang di Gaza.

Ketika Wakil Presiden Kamala Harris memobilisasi pendukungnya saat dia bersiap menerima nominasi Partai Demokrat, misinya untuk mendukung aktivis progresif tetap sama.

Para aktivis mengatakan mereka belajar dari Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee bulan lalu dan memperkirakan akan ada lebih banyak massa dan demonstrasi yang lebih kuat di Chicago, sebuah kota yang berakar pada aktivisme sosial.

Ribuan aktivis pro-Palestina menyerbu konvensi Demokrat, 1. Para pendukung Palestina siap beraksi

Foto/AP

Demonstrasi diperkirakan akan terjadi setiap hari selama konvensi berlangsung, menurut AP, dan meskipun agenda mereka berbeda, banyak aktivis setuju bahwa gencatan senjata segera dalam perang Israel-Hamas adalah sebuah prioritas.

Acara tersebut akan dimulai pada hari Minggu sebelum konvensi dengan pawai hak aborsi di sepanjang Michigan Avenue yang terkenal.

Penyelenggara acara Linda Lowe mengatakan meskipun Partai Demokrat telah mendorong perlindungan hak-hak reproduksi di dalam negeri, isunya bersifat internasional. Mereka akan melakukan aksi solidaritas dengan orang-orang di mana pun yang memperjuangkan hak untuk mengontrol apa yang terjadi pada tubuh mereka, serta memprotes bahwa Amerika menghabiskan uang untuk perawatan kesehatan guna mendukung perang, katanya.

“Kami memahami bahwa miliaran dolar yang terus mengalir ke Negara Israel dan aliran senjata memiliki dampak yang luar biasa dan mengerikan, terutama terhadap perempuan, anak-anak dan bayi yang belum lahir,” katanya. “Semua hal ini berhubungan satu sama lain.”

2. 20.000 pekerja berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut

Foto/AP

Menurut AP, kelompok terbesar, Koalisi untuk Berbaris Melawan DNC, telah merencanakan demonstrasi pada hari pertama dan terakhir konvensi tersebut.

Penyelenggara mengatakan mereka memperkirakan setidaknya 20.000 pekerja, termasuk mahasiswa, akan melakukan protes di kampus-kampus.

“Rakyat akan berkuasa,” kata Liz Rathburn, mahasiswa penyelenggara di Universitas Illinois di Chicago. “Ada orang-orang di United Center yang, dengan satu atau lain cara, akan menentukan kebijakan luar negeri kami.

3. Demonstrasi harus dilakukan di lokasi terbatas

Foto/AP

Para aktivis menggugat kota tersebut awal tahun ini, dengan mengatakan pembatasan tempat mereka dapat berdemonstrasi melanggar hak konstitusional mereka.

Para pemimpin Chicago menolak permintaan izin untuk mengadakan unjuk rasa di dekat United Center di sisi barat kota, tempat konvensi diadakan, dan menyarankan Lake Park berjarak lebih dari 3 mil (5 km).

Pemerintah kota kemudian setuju untuk mengizinkan demonstrasi di taman dan rute parade di dekat pusat gabungan. Seorang hakim federal baru-baru ini menyetujui rute sepanjang hampir 1,6 kilometer untuk kelompok tersebut.

Pada Koalisi untuk Maret, juru bicara DNC Hatim Abudaya mengatakan kelompok tersebut senang telah memenangkan hak untuk melakukan unjuk rasa di dekat konvensi, namun ia yakin pawai sejauh 2 mil (3 km) yang mereka inginkan akan aman bagi banyak orang. Kelompok ini menyewa bus untuk para pekerja dari setengah lusin negara bagian.

“Kami akan melaju dengan kecepatan penuh,” katanya.

Kota ini telah menetapkan sebuah taman sekitar satu blok dari pusat komunitas sebagai panggung untuk para pembicara. Pendaftar akan mendapat waktu 45 menit.

4. Kelompok pro-keadilan sosial juga harus mengambil tindakan

Foto/AP

Tentara Rakyat Miskin yang berbasis di Philadelphia, yang mengadvokasi keadilan ekonomi, berencana mendirikan stan di Humboldt Park di sisi barat laut kota dan mengadakan acara dengan kandidat pihak ketiga Jill Stein dan Cornel West, ditambah 3 mil (5 kilometer) berbaris ke United Center pada hari Senin.

Beberapa anggota kelompok tersebut telah menghabiskan beberapa minggu terakhir dengan melakukan pawai lebih dari 80 mil (130 kilometer) dari Milwaukee, tempat mereka berkumpul selama konvensi Partai Republik.

“Masyarakat miskin dan tunawisma tertindas, tenda-tenda dan perkemahan dihancurkan dan dibuldoser, dari San Francisco hingga Philadelphia, Gaza, dan Tepi Barat,” kata juru bicara Cheri Honkala dalam sebuah pernyataan ketika kelompok tersebut tiba di Illinois. “Mereka mencegah pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh para pemimpin Demokrat dan Republik.

5. Aktivitas mencurigakan terhadap Kamala Harris

Foto/AP

Banyak aktivis percaya bahwa tidak banyak yang akan berubah sekarang setelah Harris menjadi bagian dari pemerintahan Biden.

“Permintaan tidak berubah. “Saya tidak melihat adanya perubahan dalam kebijakan,” kata Erica Bentley, aktivis gerakan penghapusan dan solidaritas Mama Activ. “Jika Anda ingin pergi ke sini, Anda harus mendengarkan apa yang penting bagi kami.”

Demonstran pro-Palestina terlihat di Chicago memblokir jalan menuju bandara dan melakukan aksi duduk di kantor kongres. Beberapa diantaranya merencanakan konvensi satu hari mereka sendiri dengan kandidat dari pihak ketiga pada hari Minggu.

“Terlepas dari siapa kandidatnya, kami menentang Partai Demokrat dan kebijakan brutal mereka yang telah memungkinkan Israel membunuh lebih dari 40.000 warga Palestina di Gaza,” kata Fayani Abuma Free dari Chicago Alliance Against Racism.

6. Aktivis sayap kanan tidak boleh melakukan protes

Foto/AP

Tidak jelas apakah konvensi tersebut akan menarik kelompok ekstremis sayap kanan yang sangat mendukung mantan Presiden Donald Trump.

Wakil Agen Khusus Penanggung Jawab Derek Meyer mengatakan pekan lalu bahwa tidak ada ancaman signifikan terhadap keamanan konvensi tersebut.

7. 50.000 orang di Chicago

Foto/AP

Konvensi tersebut akan menarik sekitar 50.000 orang ke kota terbesar ketiga di negara tersebut, termasuk delegasi, aktivis dan jurnalis.

Pemerintah kota mengatakan telah melakukan persiapan yang diperlukan dengan polisi dan Dinas Rahasia. Keamanan akan ditingkatkan, jalan di sekitar pusat konvensi akan ditutup.

Untuk mengatasi masalah lalu lintas, para pemimpin kota menggembar-gemborkan pembangunan stasiun kereta api baru senilai $80 juta di seberang United Center. Mereka mencoba mempercantik kota dengan menambahkan bunga segar dan papan tanda baru. Para pemimpin kota juga membersihkan kamp tunawisma di dekatnya.

Polisi telah menerima pelatihan kepolisian konstitusional, pengadilan regional mengatakan telah membuka lebih banyak lokasi untuk mengantisipasi penangkapan massal, dan rumah sakit di dekat zona keamanan telah meningkatkan kesiapsiagaan darurat mereka.

Namun, beberapa orang masih mengkhawatirkan keamanan, khawatir bahwa protes akan menjadi tidak terduga atau kacau balau.

“Kami akan memastikan bahwa hak-hak Amandemen Pertama masyarakat dilindungi, bahwa mereka dapat melakukannya dengan aman,” Walikota Brandon Johnson mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Aktivis Hy Thurman melakukan protes dan ditangkap pada konvensi terkenal tahun 1968, yang paling dikenang karena bentrokan brutal antara polisi dan pengunjuk rasa anti-Perang Vietnam. Pria berusia 74 tahun itu kini tinggal di Alabama namun berencana datang ke Chicago untuk memprotes perang di Gaza.

“Ini sangat pribadi bagi saya,” katanya. “Saya melihat persamaannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours