AL Italia: Penting perkuat kerja sama antara Italia dan Indonesia

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Italia Laksamana Giuseppe Brutti Bergato menegaskan sangat penting bagi Italia untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia, khususnya dengan TNI Angkatan Laut.

“Kami yakin kehadiran (Italia) sangat penting dalam membangun hubungan (dengan Indonesia), itu cara yang lebih baik untuk berteman. Ini tugas utama kami sekarang,” kata Bargoto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Ia juga mengatakan Italia dan Indonesia harus bekerja sama untuk memelihara infrastruktur penting, yang sebagian besar berada di bawah air, seperti komunikasi, internet, jaringan pipa gas, dan banyak lagi.

Bargoto juga menegaskan bahwa Indonesia merupakan titik acuan di kawasan Indo-Pasifik, dan mengatakan bahwa Indonesia dan Italia saling bertukar informasi lalu lintas kapal niaga untuk memantau lalu lintas di kawasan tersebut.

Bargoto menambahkan, Italia juga telah mendapat undangan dari TNI Angkatan Laut untuk mengikuti latihan militer “Latihan Komodo” tahun depan.

Sementara itu, Komandan Battle Group Angkatan Laut Italia Laksamana Muda Giancarlo Chapina mengatakan kunjungan TNI Angkatan Laut ke Indonesia bertujuan untuk memperkuat kemitraan Indonesia-Italia.

“Kampanye Indo-Pasifik kami juga berfokus pada pengembangan kemitraan baru dan memperkuat kemitraan di kawasan yang sangat penting di dunia ini,” kata Ciappina.

Ia menegaskan, tujuan kampanye adalah untuk mengembangkan dan memperkuat kemitraan yang sudah ada dan tidak ada tujuan politik lain dalam kampanye tersebut.

Pada tanggal 14-17 September 2024, satuan gugus tempur Angkatan Laut Italia mengunjungi Jakarta, Indonesia dengan membawa kapal induk “Cavour”, fregat “Alpino” dan kapal “Raimondo Montecuccoli”.

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi unit Battle Group Angkatan Laut Italia sejak dikerahkan pertama kali pada Juni 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours