PT PAL mengantongi sertifikat Nomor Sediaan Nasional

Estimated read time 1 min read

Surabaya (ANTARA) – PT PAL Indonesia berhasil meraih sertifikasi Nomor Saham Nasional (NSN) dari Badan Kodifikasi Internasional, melanjutkan perannya sebagai pemain kunci dalam industri pertahanan maritim global.

Sertifikat ini mencakup produk kelautan yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia antara lain kapal platform pendaratan amfibi (LPD), kapal penunjang rumah sakit (BRS), dan kapal roket cepat (KCR).

Sertifikasi NSN terhadap produk PAL akan semakin memperkuat legalitas impor produk berkualitas di luar negeri, kata Direktur Produksi PT PAL Indonesia Satrio Bintoro, Senin di Surabaya, Jawa Timur.

NSN sendiri merupakan kode unik yang diberikan pada setiap jenis material atau peralatan, termasuk peralatan Major Weapon System (ALU).

Kode ini berperan penting dalam memfasilitasi akses ke database produk terstruktur PT PAL Indonesia, memberikan informasi ketersediaan material, lokasi dan riwayat penggunaan.

Satrio mengatakan, meraih sertifikasi NSN tidaklah mudah karena memerlukan evaluasi yang ketat baik dari segi kualitas, spesifikasi teknis, dan keandalan.

Dijelaskannya, dengan sertifikasi ini, produk-produk yang dihasilkan PT PAL Indonesia akan lebih mudah diterima dan dipercaya oleh negara lain.

Satriyo mengatakan pengkodean material NSN merupakan bagian integral dari Integrated Logistics Support System (ILS) PT PAL Indonesia.

“Sistem ini berperan penting dalam optimalisasi pengelolaan logistik, perencanaan, pengadaan, dan peningkatan pengetahuan awak kapal,” tegasnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours