Rudal Apa yang Ditembakkan Iran ke Israel?

Estimated read time 2 min read

GAZA – Iran tampaknya telah menggunakan rudal Fattah-1 dan Heybarshekan dengan jangkauan 1.400 kilometer untuk menyerang Israel, menurut para analis.

Menurut Iran, keduanya memiliki hulu ledak yang “dapat bermanuver” yang membuat perlindungan menjadi lebih sulit dan menggunakan pertahanan yang kuat sebagai alat pencegah kecil.

“Fakta bahwa kesiapan peluncurannya lebih singkat berarti bahwa rudal-rudal tersebut tiba pada waktu yang sama dan memberikan lebih banyak tekanan pada pertahanan… Mereka bisa lebih akurat dalam mencapai sasaran setelah lulus,” kata Jeffrey Lewis, direktur Institute for Middlebury. Studi Internasional. Kalifornia, Al Jazeera melaporkan.

Beberapa rudal Fattah-1 digunakan dalam serangan bulan April, yang sebagian besar dihancurkan oleh pertahanan AS dan Israel. Namun rudal balistik Emad, yang sebagian besar berbasis air, memiliki tingkat kegagalan 50 persen dan hanya akurat mengenai sasaran yang berdiameter lebih dari 1 kilometer, kata Lewis.

Namun, rudal balistik tercanggih Iran memiliki “probabilitas kesalahan melingkar” sekitar 20 meter [66 kaki], yang berarti setengah dari rudal yang ditembakkan akan mendarat dalam jarak 20 meter dari targetnya. Fabian Hinz, peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan rudal tersebut adalah “rudal balistik paling canggih Iran yang mampu mencapai Israel.”

Sementara itu, Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan Israel akan “membalas dengan keras” jika tidak menghentikan “kejahatannya”.

Pernyataan ini disampaikan Pezeshkian saat berkunjung ke Qatar. Dia mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa tujuan pertamanya di Doha adalah untuk membahas hubungan kedua negara dan menandatangani perjanjian dengan pemerintah Qatar. Ia juga akan berpartisipasi dalam Dialog Kerjasama Asia.

“Tujuan kedua adalah membahas bagaimana negara-negara Asia dapat menghentikan kejahatan Israel di kawasan dan mencegah musuh menciptakan [ancaman] di Timur Tengah,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours