PT Timah-ITB kembangkan potensi geowisata Babel

Estimated read time 3 min read

Pangkalpinang, Babel (ANTARA) – PT Timah Tbk bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) meneliti potensi geowisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai langkah meningkatkan wisata alam di Serumpun Sebalai Peyi.

“Dalam empat hari ke depan, 23 dosen ITB dari berbagai kelompok keilmuan akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai kawasan geowisata di Pulau Bangka, guna meningkatkan daya tarik geowisata,” ujar Ketua Magister dan Doktor Teknik Geologi ITB itu. Dr. Eng Mirzam Abdurrachman ST, MT Usai FGD Kajian Potensi Geowisata Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Jumat.

Dikatakannya, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penjajakan Potensi Geowisata di Pulau Bangka Belitung dilaksanakan di Graha PT Timah Pangkalpinang yang dihadiri Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Nur Adi Kuncoro, Chief Babel Ervawi. Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pariwisata Babel, Pengda IAGI, promotor pariwisata dan pelaku usaha untuk meningkatkan potensi geowisata di Babel.

“Pulau Bangka memiliki potensi geowisata yang besar karena memiliki batuan yang berbeda-beda yang terhubung dengan pantai yang berbeda dan indah. Selain itu, Bangka adalah fondasi Sumatera dan merupakan jalan timah,” ujarnya.

Ia mencontohkan batuan di Pantai Tikus Emas Bangka, batuan satam di Pulau Belitung, Batu Belimbing di Toboali dan beberapa lokasi wisata lainnya yang informasi geologinya patut dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan.

Menurutnya, dengan melakukan penelitian di Bangka dapat memberikan informasi lebih banyak tentang wisata yang bisa dilihat dari segi geologi, sehingga nantinya wisatawan bisa mendapatkan informasi lebih banyak dan suka datang lagi.

“Kami mendatangkan 23 guru dengan ilmu berbeda-beda yang diharapkan bisa menyelesaikan dan berlatih serta menyampaikan informasi geologi dengan bahasa yang sederhana. Kami selalu bepergian, tapi ilmu geologi tidak kami ketahui,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang telah mendukung mereka dalam melakukan penelitian ini, kata dia, hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mendukung PT Timah dalam mengembangkan potensi geowisata di Pulau Bangka.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh para promotor pariwisata, masyarakat, dan pemerintah daerah untuk meningkatkan potensi geowisata di Pulau Bangka dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Ini merupakan bagian dari kerjasama Pentahelix, sehingga pengembangan geowisata dapat terlaksana secara utuh. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang telah menyelenggarakan dan mendukung pekerjaan ini dan kami berharap hal ini dapat diikuti oleh Pemerintah, masyarakat dan .sifatnya, “. katanya.

Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung Yuliarsyah mengatakan Bangka Belitung memiliki banyak potensi geowisata.

“Kami berharap pekerjaan ini bisa terus berlanjut sehingga bisa bersinergi dengan pemerintah dalam pengembangan geowisata. Apalagi saat ini, kata dia, situasi pariwisata di Babel sedang kurang baik,” ujarnya.

Menurutnya, situasi pariwisata di Babel saat ini kurang baik, dan situasi perekonomian Babel juga kurang baik. Hal ini terkait dengan pariwisata tanah air dan kami berharap dengan adanya penelitian ini dapat mendorong pemerintah daerah untuk menjaga warisan ini demi kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga mempunyai harapan yang besar untuk berkontribusi dalam pengembangan energi yang ada. Padahal geowisata bukanlah hal yang baru, karena Bangka Belitung juga memiliki Geopark,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours