Bank Mandiri ungkap hadapi 1 juta serangan siber per hari

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Vice President Retail Digital Banking PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Harry Sufri Patranda mengungkapkan, terdapat satu juta upaya serangan siber terhadap infrastruktur digital perseroan setiap harinya.

Oleh karena itu, perusahaan berinisiatif membentuk tim khusus yang akan menjadi ‘Digital Guardians’ mulai tahun 2021 yang berjumlah 200 orang.

Tugas mereka memantau dan memprediksi serangan siber setiap hari. Sebagai sebuah rumah, kami mengembangkan lapisan keamanan mulai dari satpam, pengawas, pagar, CCTV, alarm, penembak jitu, dan kemudian ada serangan. Kami telah mengalokasikan 15 persen biaya untuk menjamin keamanan siber melalui investasi di bidang TI,” kata Harry pada acara “Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas” di Serina Jakarta, Kamis, dalam media briefing bertajuk

Di sisi lain, Harry menjelaskan, proses digitalisasi semakin memudahkan nasabah dalam mengakses layanan perbankan dari mana saja dan kapan saja, misalnya saja pada proses pembukaan rekening.

“Dulu prosesnya memakan waktu berhari-hari. Misalnya kita buka rekening hari ini, besoknya bisa dipakai. Tapi dengan aplikasi Livin by Mandiri, hanya butuh waktu 15 menit dan rekening sudah bisa dipakai. Hari itu juga segera,” kata Hari.

Dalam kesempatan yang sama, Ekonom Senior Samuel Securitas Fithra Faisal Hastiadi mengatakan digitalisasi perbankan turut mempengaruhi peningkatan produktivitas, dimana pangsa sektor perbankan digital kini mencapai 1000 triliun dolar dan diperkirakan akan meningkat pada tahun 2030. Rp 4.500 triliun.

Fithra mengingatkan, di tengah terus tumbuhnya perbankan digital di Tanah Air, hal terpenting saat ini adalah mengedukasi masyarakat mengenai literasi keuangan.

“Banyak masyarakat yang terlilit utang. Utangnya dilunasi dengan pinjaman. Pendapatannya digunakan untuk membayar utang. Risiko rendahnya literasi keuangan menjadi tanggung jawab semua pihak. Kita butuh orang-orang seperti itu.” masyarakat yang paham teknologi digital,” tuturnya. Alam

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours