Profil dan Jejak Karier Ridwan Kamil, Cagub Jakarta 2024 yang Berpasangan dengan Suswono

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Ridwan Kamil merupakan calon yang dipilih Aliansi Tertinggi Indonesia (KIM) Plus untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024, dan jika menang, Ridwan Kamil akan mendorong desentralisasi, kerja sama, dan kebijakan DKI. Kreativitas.

Prinsip ini didasarkan pada semangat pemerataan pembangunan untuk Jakarta. Kita juga punya semangat pemerataan pembangunan di Jakarta untuk punya kode bernama DKI, kata Ridwan Kamil di Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).

Lantas bagaimana biografi dan perjalanan karier Ridwan Kamil? Berikut ulasannya.

Biografi Ridwan Kamil Nama lengkap Ridwan Kamil adalah Mochamad Ridwan Kamil. 1971 4 Oktober Lahir di Bandung. Dia adalah anak kedua dari lima bersaudara.

Ayah Ridwan Kamil, Atje Misbach Muhjiddin, berprofesi sebagai dokter dan dosen di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad). Saat itu nama ibunya adalah Tjutju Sukaesih.

Selain itu, ayah Ridwan Kamil merupakan keturunan Kiai Muhyidin atau Mama Pagelaran, pendiri tiga pesantren di Sumedang dan Subang.

Ridwan Kamil sejak kecil dikenal sebagai anak yang cerdas dan kuat. Ia menjadi pekerja keras dan pantang menyerah.

Ridwan Kamil menghabiskan masa kecil dan remajanya di Kota Bandung. Kemudian Ridwan Kamil bertemu Atalia Praratya di sebuah pameran di kampung halamannya.

Pada 7 Desember 1996, Ridwan Kamil menikah dengan Atalia, putri Emmeril Kahn Mumtadz atau kerap Eril, dan Camillia Laetitia Azzahra, atau kerap Zara.

Selain itu, mereka juga dikaruniai seorang anak bernama Arkana Aidan Misbach pada Juli 2020.

Perjalanan Pendidikan dan Karir Ridwan Kamil Ridwan Kamil menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Banjarsari III Bandung pada tahun 1984. Ia kemudian melanjutkan pendidikan dasar di SMP Negeri 2 Bandung dan lulus pada tahun 1987.

Kemudian pada tahun 1990, Ridwan Kamil melanjutkan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 3 Bandung. Selepas SMA, ia melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus pada tahun 1995 dengan gelar sarjana teknik dan arsitektur.

Ia memperoleh gelar master di bidang Desain Perkotaan dari Amerika dari tahun 1999 hingga 2001. California Ia melanjutkan studinya di Universitas Berkeley selama dua tahun.

Dia mengandalkan bantuan akademis untuk membantu biaya sekolah dan biaya hidup selama di sekolah.

Dia juga sempat bekerja di departemen perencanaan Kota Berkeley. Setelah menyelesaikan gelar Masternya, Ridwan Kamil bekerja sebagai arsitek di berbagai perusahaan di Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan gelar masternya, Ridwan Kamil kembali ke Indonesia dan menjadi dosen tetap di ITB selama 14 tahun.

Selain menjadi dosen, pada tahun 2004 Ridwan Kamil memulai perencanaan, didirikanlah Urbane, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi arsitektur dan desain.

Setelah itu, ia mengundurkan diri dari jabatan dosen dan memutuskan terjun ke dunia politik bersama Oded Muhammad Danial yang mendukung PKS dan Gerindra pada Pilkada 2013. Pemenang.

Menjadi Wali Kota Bandung membuat nama Ridwan Kamil semakin tenar. Bahkan, program yang dikembangkan Ridwan Kamil untuk memajukan Bandung menuai banyak pujian.

Keberhasilannya di Bandung meyakinkan Ridwan Kamil untuk akhirnya menjadi Gubernur Jawa Barat. Ia memenangkan Pilgub Jabar 2018 berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum.

Kali ini, Ridwan Kamil bertarung di Pilgub Jakarta 2024 bersama mantan Menteri Pertanian Suswono (SBY) di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours