10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Bisa Bantu Atur Budget!

Estimated read time 4 min read

JAKARTA – Menjadi ibu rumah tangga bukanlah sebuah hambatan dalam memperoleh penghasilan. Para ibu rumah tangga bisa memulai bisnis sampingan di rumah sambil memanfaatkan waktu luang.

Penasaran bagaimana cara para pengurus rumah tangga dapat meningkatkan pendapatannya? Berikut rekomendasinya.

1. Kilo cucian

Mulailah bisnis rumahan yang menjanjikan dengan menggunakan peralatan laundry dan menyetrika rumah. Sebagai ibu rumah tangga, sebaiknya hanya menggunakan mesin cuci dan setrika yang tersedia. Selain itu, siapkan deterjen dan penyegar pakaian.

Saat ini, jasa kebersihan Kilo banyak diminati terutama di perkantoran dan pusat konferensi di kota-kota besar. Masyarakat yang semakin sibuk telah beralih menggunakan layanan kebersihan untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga.

2. Stopkontak

Memanfaatkan ruangan tak terpakai sebagai toko bisa menjadi bisnis sampingan sederhana bagi seorang ibu rumah tangga yang bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Agar mudah menemukannya, ubahlah area depan rumah menjadi toko kecil. Warung makan dan kafe bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

3. Pengiriman drop

Adakah usaha modal kecil yang bisa dicoba oleh ibu rumah tangga? Tak memerlukan modal banyak, dropship bisa mendatangkan penghasilan tanpa proses ribet. Berbeda dengan retailer, dropshipper tidak perlu menyediakan inventaris produk untuk menjalankan bisnisnya. Dropshipper harus mencari pemasok barang dan mempromosikannya kepada calon konsumen melalui media pilihannya, termasuk media sosial.

4. Usaha angkutan

Punya barang yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai lagi? Daripada menyimpannya di lemari Anda, jual kembali untuk mendapatkan penghasilan. Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini disebut dengan thrift store atau gudang barang bekas yang masih layak dan kualitasnya bagus. Jika sudah mendapat untung, ibu rumah tangga bisa mengembangkan usaha rumahan ini dengan memperbanyak stok.

5. Pengajaran online

Pembelajaran tidak berakhir di sekolah. Pada umumnya anak sekolah memerlukan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Oleh karena itu, para ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan mengajar dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk mendapatkan penghasilan dengan membuka jasa bimbingan belajar online. Jangkau calon siswa dengan menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda secara efektif.

6. Taman Kanak-kanak

Pengasuhan anak bukanlah hal baru bagi ibu rumah tangga. Dengan memanfaatkan keterampilan penitipan bayi dan anak, perusahaan penitipan anak dapat menjadi peluang untuk menunjang perekonomian keluarga.

Usaha penitipan bayi dan anak ini bisa dijalankan dari rumah, sehingga tidak perlu menyewa tempat tersendiri yang biasanya mahal. Pengguna jasa tempat penitipan anak biasanya berbeda-beda, namun yang terpenting adalah ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dengan karirnya.

7. Keramahan

Untuk acara besar seperti rapat dan pernikahan, makanan harus disajikan dalam jumlah besar. Agar makanan dapat tersedia bagi semua orang tanpa terkecuali, pihak penyelenggara juga mengandalkan jasa katering. Makanan dalam jumlah besar dapat diantar dalam prasmanan atau kotak makanan.

Bisnis rumahan ini pastinya membutuhkan keterampilan memasak dan modal yang tidak sedikit. Pembelian bahan baku dan perlengkapan khusus penyajian makanan memerlukan biaya-biaya yang harus diperhitungkan dengan benar agar pemilik usaha tidak mengalami kerugian.

8. Jasa menjahit

Keterampilan menjahit bisa sangat berharga. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan rumah tangga, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda sebagai pekerjaan sampingan. Jika Anda memiliki mesin dan alat jahit lainnya, belilah benang yang sesuai dengan warna kain pelanggan.

9. Toko roti

Ibu rumah tangga yang gemar membuat kue bisa memanfaatkan keahliannya untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis rotinya. Toko kue buatan sendiri dapat menawarkan beberapa jenis kue berbeda dari awal.

Jika Anda mulai mendapatkan pelanggan tetap dan keuntungan yang cukup, kembangkan resep lain untuk mendiversifikasi menu yang ditawarkan. Gunakan strategi pemasaran produk baru dengan menawarkan kondisi tertentu kepada penguji untuk setiap pembelian produk.

10. Jual tanaman hias

Menghijaukan rumah kini menjadi favorit banyak ibu rumah tangga. Namun di sini ibu rumah tangga bukanlah konsumen. Para ibu rumah tangga yang memiliki hobi merawat daun-daun hijau bisa memulai bisnis rumahan dengan menjual tanaman hias yang menguntungkan.

Tawarkan beragam tanaman hias yang bernilai estetika, seperti bunga lili paris, gelombang cinta, dan lidah mertua. Jangkau target pelanggan Anda dengan bergabung dalam forum komunitas pecinta tanaman online dan promosikan bisnis Anda yang menjual tanaman hias kepada peminat.

Nah itulah beberapa ide bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijadikan referensi untuk membantu perekonomian keluarga. Tentu saja memulai bisnis dari awal membutuhkan modal. Bagi ibu rumah tangga yang sudah berencana memulai usaha sampingan, sebaiknya persiapkan modal terlebih dahulu agar lancar.

Jika membutuhkan modal, ibu rumah tangga bisa mengajukan pinjaman gaji yang tidak memerlukan pemeriksaan skor kredit melalui BI Checking. Menggadaikan emas bisa menjadi pilihan dalam hal ini. Anda mendapatkan uang pinjaman dengan cepat dan emas disimpan dengan aman hingga pembayaran dilakukan lunas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours