Jabar Siap Uji Coba Program Makan Siang Gratis dengan Dana CSR

Estimated read time 2 min read

BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi (Pempprov) Jawa Barat (Jabar) berencana menggelar simulasi program makan gratis bergizi yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pj Gubernur Jawa Barat Bei Matshumuddin mengumumkan program simulasi tersebut akan dimulai pada Oktober 2024 dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan.

“Kami hanya berinisiatif memulai simulasi, baik menggunakan dana CSR atau partisipasi masyarakat. Kami ingin tahu bagaimana kondisi di lapangan,” kata Bay Mahmudin usai rapat pimpinan di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (6/8). ). ) /2024).

Namun diakui Bay, tidak semua daerah di Jabar mampu menyelenggarakan program tersebut dengan menggunakan APBD, seperti yang terjadi di Kota Banjar. Makanya simulasi dulu. Soal anggaran, kondisi di lapangan bagaimana? Makanya ini latihan,” katanya.

Sejauh ini program makan gratis bergizi masih dalam tahap pembahasan sebelum diterapkan di seluruh wilayah Jabar. “Masih dalam format anggaran, berapa proporsinya? Kita laporkan bukan hanya anggarannya saja, tapi bagaimana cara memasaknya? Apakah bisa? Ada kantin gratis, ada tes dalam bentuk yang sudah disiapkan, semua tes akan dilakukan. dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri,” tegasnya

Program Makan Bergizi Gratis bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat, terutama di daerah tertinggal, memiliki akses terhadap makanan bergizi. Melalui simulasi ini, Pemprov Jabar berharap dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pelaksanaan program, sehingga dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien di masa depan.

Simulasi tersebut akan melibatkan partisipasi berbagai pihak, termasuk perusahaan yang bersedia mengalokasikan dana CSR-nya untuk mendukung program tersebut. Selain itu, masyarakat juga diharapkan berpartisipasi dan memberikan masukan untuk penyempurnaan program.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours