Nilai IKPA Kemenag Meningkat, Sekretaris Itjen Sebut Pengawasan Jadi Kunci

Estimated read time 3 min read

Irjen Kementerian Agama (Intjen Kemenag) terus menunjukkan integritas dan tugasnya mengawal hasil Penghargaan Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di lingkungan Kementerian Agama. Baru-baru ini Kementerian Agama memberikan penghargaan sebagai Juara Umum Pengelolaan IKPA dari Kantor Pelayanan Keuangan Negara (KPPN) Jakarta IV.

Per Juli 2024, IKPA Kemenag memperoleh nilai 95,45 dan pencapaian kinerja keuangan kontrak tertinggi adalah 100%. Demikian ucapan Sekretaris Irjen Kemenag Kastolan yang berkesempatan angkat bicara.

“Nilai IKPA Kemenag terus meningkat dari 92,43 pada awalnya pada tahun 2022, dan meningkat menjadi 93,40 pada tahun 2023. Saat ini, IKPA Kemenag pada tahun ini sebesar 95,45 poin,” jelas Kastolan. artikel Hari Buruh yang diselenggarakan KPPN Jakarta IV, Kamis (22/8/2024).

Menurut Kastolan, Irjen Kemenag telah melakukan berbagai upaya pengawasan dan pemberian bantuan khusus untuk memastikan setiap kelompok kerja (satker) di Kemenag mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan IKPA.

“Kami bertekad untuk terus melibatkan masing-masing kelompok kerja dalam pelaksanaan anggaran dan memastikan seluruh program terlaksana sesuai regulasi dan akhirnya kita dapat meningkatkan nilai IKPA sebagai contoh tindakan kita bersama,” ujarnya. dikatakan.

Gubernur mengatakan, peran Irjen Badan Inspeksi Umum (APIP) bukan sekadar pengelola, melainkan mitra strategis bagi pengembangan seluruh Satgas dalam meningkatkan kinerja anggaran. Irjen juga telah mengambil tindakan untuk memastikan seluruh kelompok kerja di lingkungan Kementerian Agama dapat meningkatkan nilai IKPA dan memenuhi pelaksanaan anggarannya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pertama, Inspektur Utama Kementerian Agama melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran seluruh kelompok kerja (satker) di lingkungan Kementerian Agama. “Gagasan ini didukung dengan memberikan panduan agar organisasi pengoperasi memahami dan mengikuti undang-undang terkait,” jelas Kastolan.

Kedua, Kantor Inspektur Jenderal melakukan audit rutin terhadap kinerja anggaran masing-masing departemen. “Informasi hasil penilaian dijadikan dasar penilaian kinerja dan memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkan nilai IKPA,” ujarnya.

Ketiga, Kantor Irjen memberikan bantuan khusus kepada kelompok kerja dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran, serta laporan kinerja anggaran dalam rangka memenuhi tujuan IKPA.

Keempat, kata Kastolan, Irjen juga memastikan pimpinan mendorong penguatan aparatur agar lebih memperhatikan pelaksanaan anggaran.

“Terakhir, Itjen ikut serta dalam penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) dan instruksi khusus untuk memastikan pelaksanaan anggaran Satgas dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kami mampu mencapai tujuan IKPA. .

Kastolan menambahkan, peran bagian perencanaan dan keuangan tidak begitu penting dalam menjaga pengendalian anggaran demi akuntabilitas. “Divisi Perencanaan mempunyai peran penting untuk memastikan setiap tim operasional memiliki rencana keuangan yang matang dan tepat,” kata Kastolan.

Pengawasan Inspektorat biasanya oleh Pokja memastikan pengelolaan anggaran Kemenag tetap berjalan sesuai ketentuan dan tujuan IKPA dapat tercapai secara efektif, kata Inspektur Utama. Ia meyakini keberhasilan IKPA di Kementerian Agama akan terus berkembang dan dapat mencerminkan anggaran yang efisien dan konsisten di seluruh bidang Kementerian Agama.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours