5 Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Ada banyak gerakan yoga yang bisa membantu meredakan nyeri pergelangan tangan yang mengganggu. Gerakan ini dapat meregangkan dan menguatkan otot fleksor dan ekstensor pergelangan tangan, melatih otot-otot tangan dan pergelangan tangan.

Selain itu, gerakan yoga ini terbukti meningkatkan kelenturan dan mobilitas, meningkatkan sirkulasi, serta memengaruhi fungsi sendi. Gerakan ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang mengalami nyeri pergelangan tangan akibat mengetik berjam-jam.

Terlalu banyak mengetik dan menjaga postur tubuh dalam waktu lama dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan tangan. Beberapa orang mengembangkan sindrom terowongan karpal, yang melibatkan tugas tangan yang berulang, termasuk mengetik.

Berikut gerakan yoga untuk meredakan nyeri pergelangan tangan, seperti dilansir Health Shots pada Sabtu (29/6/2024).

5 Gerakan yoga untuk membantu meredakan nyeri pergelangan tangan

1. Push up dengan tangan terlipat

Lakukan gerakan ini sambil berdiri atau duduk dengan kedua lutut terbuka lebar. Letakkan tangan Anda di depan Anda. Saat Anda menarik napas, turunkan kaki Anda tanpa mencondongkan tubuh ke depan. Tahan selama 5 detik, lalu buang napas dan rileks. Ulangi dua kali.

2. Pose Anjing Menurun

Bangunlah dengan posisi merangkak dan lakukan pose anjing menghadap ke bawah. Tekuk jari-jari kaki ke atas dan angkat pinggul ke atas dan ke belakang, membentuk huruf V. Tarik napas dalam-dalam saat Anda menggerakkan inti tubuh.

3. Rotasi pergelangan tangan

Mulailah dengan duduk atau berdiri, tapi pastikan Anda merasa nyaman. Putar pergelangan tangan Anda dengan gerakan memutar, pertama searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam. Bernapaslah dengan normal sambil memutar pergelangan tangan Anda.

4. Pohon palem

Untuk melakukan Palm Pose, berdirilah tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Angkat lengan Anda, jaga agar tetap sejajar. Tarik napas dalam-dalam dan fokus pada keseimbangan saat Anda berlatih pose yoga yang tidak hanya meregangkan pergelangan tangan, tetapi juga lengan dan kaki Anda.

5. Pose Wajah Sapi

Untuk melakukan gerakan ini, duduklah tegak dengan menyilangkan kaki. Tempatkan lutut kanan Anda di atas kaki kiri Anda. Pastikan lutut kiri Anda berada di bawah pinggul kanan Anda. Putar badan Anda ke kanan dan letakkan lengan kiri di belakang Anda sementara lengan kanan meraih lengan kiri. Tarik napas dalam-dalam saat melakukan pose sapi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours