Badai Hurricane Helene Hancurkan 672 Mobil di Dealer KIA

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Badai Helene menghancurkan 672 mobil di dealer Kia di Florida. Total kerusakan diperkirakan mencapai US$28 hingga 30 juta atau sekitar Rp431 hingga 462 miliar.

Carscoops melaporkan, Jumat (4/10/2024), Ken Ganley Kia New Port Richey memiliki 660 mobil baru dan bekas serta 12 mobil pelanggan yang sedang dalam perawatan. Pada Jumat pagi (27/9/2024) awalnya terjadi pemadaman listrik di lokasi dealer dan banyak unit yang terendam air sedalam 1,2 meter.

Menurut pemiliknya Ken Ganley, satu-satunya mobil yang tersisa ditemukan oleh pekerja di luar saat badai Kategori 4. Ganley memperkirakan 500 mobil yang rusak merupakan model Kia baru, sedangkan sisanya merupakan kendaraan bekas. Dealer tersebut merupakan bagian dari Ken Ganley Automotive Group, grup dealer terbesar ke-14 di Amerika Serikat.

Dalam sebuah wawancara dengan Auto News, Ganley mengatakan dia harus membayar sekitar $3,5 juta, atau sekitar $53,9 miliar, untuk menutupi pengurangan asuransi pada mobil yang hancur akibat badai.

Banyak mobil yang rusak, namun banyak pula yang terbakar. Penggembungan airbag juga terjadi pada kendaraan rusak lainnya.

Meski mengalami kerugian besar, Kia merespon dengan cepat dan mengirimkan inventaris baru ke dealer. Keesokan harinya, 15 mobil baru dikirimkan. Sekitar 300 hingga 400 kendaraan dari Kia diperkirakan akan segera tiba, dan dealer akan mengirimkan 100 kendaraan bekas dari tokonya di Ohio ke pabriknya di Florida untuk menggantikan inventaris yang hilang.

“Kami memiliki mobil yang mudah terbakar. Kami memiliki beberapa mobil yang kami pasang airbag di dalamnya. Itu masuk akal,” kata Ganley.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours