Jepang perkuat kerja sama dengan Afsel di sektor listrik dan energi

Estimated read time 1 min read

Ankara (ANTARA) – Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa pada Jumat (23/8) menyatakan negaranya ingin memperkuat kerja sama dengan Republik Afrika Selatan, khususnya di bidang ketenagalistrikan dan energi.

Dalam kunjungan Menteri Hubungan Internasional dan Kerja Sama Afrika Selatan Ronald Lamola ke Tokyo, Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa mengatakan Afrika Selatan adalah pusat bisnis bagi perusahaan Jepang di Afrika.

“Penting untuk menjaga dan mengembangkan tatanan maritim yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum, karena kedua negara berbagi wilayah yang berbatasan dengan Samudera Indo-Pasifik,” kata Kamikawa.

Lebih lanjut, Lamola menyampaikan apresiasi atas kerja sama Jepang dalam proses dekarbonisasi Afrika Selatan, khususnya dalam bentuk kerja sama teknis.

Ia juga menyatakan harapannya yang kuat agar perusahaan-perusahaan Jepang, yang menciptakan banyak lapangan kerja, akan lebih memperluas operasinya di Afrika Selatan, menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Jepang.

Lamola juga menyambut baik pencabutan larangan ekspor alpukat dari Afrika Selatan ke Jepang dan mengatakan ia mempunyai harapan besar untuk mendorong kunjungan tingkat tinggi antara kedua negara, melalui Forum Kemitraan Jepang-Afrika Selatan.

Kedua pemimpin juga bertukar pandangan mengenai situasi di Ukraina, Timur Tengah, Asia Timur dan Korea Utara.

Lamola tiba di Tokyo untuk menghadiri Konferensi Internasional Tokyo tentang Pembangunan Afrika yang dimulai pada hari Sabtu.

Sumber: Anatolia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours