Menperin Yakin Indonesia Mampu Bersaing di Industri Modifikasi Otomotif Global

Estimated read time 3 min read

Tangerang – Indonesia belum menjadi pemain besar dalam industri modifikasi mobil global. Namun, masih banyak ruang untuk pertumbuhan dan pengembangan di masa depan.

Optimisme tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara pembukaan Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2024 yang digelar di Hall 9-10 ICE BSD City, Tangerang pada Jumat (9/4/2024). .

“Pangsa kita masih kalah dibandingkan China yang menguasai pasar global dengan nilai 34 persen, China menikmati kue pasar global. Sementara Amerika – 28,8 persen, Jerman – 11 persen, Jepang – 10 persen, Italia – 6 persen, Korea Selatan – 5, Meksiko 3 0,5 persen, India 2 persen, dan Inggris 2 persen, kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam sambutannya pada pembukaan IMX 2024 di kota ICE BSD, Jumat (4/10). /2024).

Meski demikian, Menteri Perindustrian Agus mengatakan Indonesia mempunyai potensi besar untuk bersaing di kancah dunia. Syaratnya semua pihak harus bekerja sungguh-sungguh dan menunaikan kewajibannya. “Kita harus bisa memahami tren terkini dan dinamika pasar agar industri kita lebih kompetitif sehingga bisa memanfaatkan peluang,” ujarnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan pameran mobil secara berkala. Oleh karena itu, ia menyambut baik ajang IMX 2024 yang mengusung tema “Road to the World” agar industri modifikasi mobil di Indonesia mampu bersaing di tingkat global.

“Saya yakin akan terus berkembang. Jadi pesan saya jangan sampai pasar yang sudah berkembang tidak siap dan tidak mampu mengisi pasar dengan produk-produk lokal buatan kreator kita di dalam negeri,” ujarnya.

Tema IMX 2024 adalah “Road to the World” yang mempunyai misi membawa kreasi modifikasi Indonesia ke kancah internasional. Ajang tersebut merupakan kolaborasi strategis antara pelaku industri otomotif Indonesia dan mitra global, serta memperkuat peran Indonesia dalam industri modifikasi otomotif global.

Sepanjang acara, IMX 2024 akan menghadirkan beberapa tamu istimewa seperti Keiichi Tsuchiya, Rywire Ryan Basserie, Musa Musartwork, Liberty Walk Kato, Liberty Walk Toshi, serta tamu internasional lainnya. Akan ada juga berbagai event seru diantaranya Ultimate Builders Battle, IMX Garage Sale, IMX Auction, IMX SuperGiveaway Car, IMX Community Meeting, IMX Lifestyle Magnet, IMX Exclusive Release, Sneaker Auction dan IMX Reels Contest.

Ketua Umum Ikatan Mobil Indonesia (IMI) Jenderal Bambang Sosetio yang hadir pada acara tersebut menyambut baik terselenggaranya IMX 2024 karena merupakan ajang bertemunya para kreator, penggemar, industri, distributor, dan pecinta mobil.

Meskipun situasi ekonomi tidak menentu, kita patut berbangga karena kita mempunyai generasi muda yang sangat kreatif. Di saat dunia usaha lain sedang terpuruk, kreativitas para generasi muda ini bisa menopang perekonomian kelas menengah. , “katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang optimistis ajang IMX 2024 mampu meningkatkan nilai transaksi hingga 7 miliar rupiah.

“Dalam pertemuan kita hari ini, saya yakin dan yakin omzet pertunjukan ini tahun lalu sebesar Rp6,8 miliar. Saya yakin bisa meningkat hingga Rp7 miliar dengan semangat. Sekali lagi, semangat akan mendorong generasi muda untuk lebih kreatif,” katanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours