Pembangunan Bandara VVIP IKN Terancam Molor usai Terkendala Hujan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) terkendala masalah hujan, kata Menteri Perhubungan atau Menteri Perhubungan Bodhi Karya Sumadi. Akibat kendala tersebut, kegiatan pembangunan tidak berjalan dengan baik.

Dalam keterangan resminya, Menteri Perhubungan mengatakan: “Perlu diketahui bahwa curah hujan di wilayah Kalimantan Timur pada bulan lalu sangat deras dan hanya ada delapan hari sinar matahari. Oleh karena itu, diperlukan perubahan cuaca.” Sabtu (13/7/2024).

Menhub menjelaskan, dari total 30 hari, hanya 8 hari yang cerah di wilayah IKN. Lanjutnya, jika situasi ini terus berlanjut, maka tujuan pembangunan lebih banyak fasilitas bandara IKN bisa saja meleset dari rencana awal.

Oleh karena itu, Menhub memerintahkan perbaikan kondisi cuaca terus dilakukan hingga beberapa bulan ke depan guna mengoptimalkan pembangunan bandara IKN.

Lanjutnya: “Saya meminta agar reformasi iklim di wilayah Kalimantan Timur dapat ditingkatkan dengan kerja sama seluruh pemangku kepentingan. Saya berharap langkah ini dapat mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah IKN.”

Dalam peninjauannya beberapa hari lalu, Menhub menyampaikan progres pembangunan di tempat ini secara umum sudah baik dan bisa terus dimaksimalkan, khususnya untuk gedung terminal bandara.

Menhub menyatakan, Jalan menuju bandara sudah bisa dilalui, dan pekerjaan lain yang sedang dilakukan antara lain pemasangan atap dan elektromekanik.

Menhub juga menjelaskan, sedang dilakukan pekerjaan pembangunan runway fungsional di Bandara IKN HUT Kemerdekaan RI sepanjang 2.200 meter. “Saya mengapresiasi Menteri PUPR beserta jajaran dan pekerja yang telah bekerja keras menyelesaikan proyek bandara ini. Kontribusi ini sangat berarti bagi kemajuan negara,” pungkas Menhub.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours